Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengakuan ABK Perahu 'Joko Berek' yang Selamat: Saya Terjun Berenang dan Pasrah

Namun, tiba-tiba ombak datang dan menghantam kapal. Tak kuasa menahan hantaman ombak, akhirnya kapal terbalik.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pengakuan ABK Perahu 'Joko Berek' yang Selamat: Saya Terjun Berenang dan Pasrah
Saiful Bahri (22) ABK Kapal Nelayan Joko Berek yang selamat saat memberikan keterangan kepada Surya, Kamis (19/7/2018). (surya/erwin wicaksono) 

TRIBUNNEWS.COM, JEMBER - Peristiwa yang dialami oleh Saiful Bahri (22), Kamis (19/7/2018), mungkin tidak akan terlupakan dibenaknya seumur hidupnya.

Saiful merupakan seorang nelayan ABK yang selamat pada peristiwa kapal terbalik tergulung ombak yang dialami kapal nelayan Joko Berek di Perairan Pancer, Jember.

Ketika ditemui, Saiful, warga Dusun Mandaran, Desa Puger Kidul, Kecamatan Puger, itu mencoba menjelaskan peristiwa kapal terbalik yang dialaminya. Saiful menuturkan kala itu kapal hendak bersandar ke area Plawangan.

Namun, tiba-tiba ombak datang dan menghantam kapal. Tak kuasa menahan hantaman ombak, akhirnya kapal terbalik.

Baca: Gara-gara Tak Mau Disuruh Menanak Nasi, Seorang Ayah Tega Membunuh Anak Kandung

"Ombak besar datang, kapal ngguling. Waktu itu pulang melaut malam, pulang pagi. Saya nekat lompat. Saya berenang pasrah selamat atau tidak. Tak bisa berkata-kata lagi, cuma bersyukur saya bisa selamat," terang Saiful Bahri ketika ditemui di bibir pantai.

Saiful kala itu bersama 21 rekannya di kapal. Ia tidak ingat kondisi rekannya saat kapal terbalik karena sibuk menyelematkan diri masing-masing.

"Tidak ingat saya. Tahunya saya lompat terus berenang ke daerah batu-batu yang dangkal," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Saiful mengaku masih syok dengan kejadian yang menimpanya hari ini. Sebelumnya ia tidak menyadari dan tidak punya firasat soal kejadian buruk.

"Ombak memang besar dan sebetulnya sudah dilarang. Tapi kami butuh uang, jadi nekat melaut," pungkasnya. (Erwin Wicaksono)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Selamat dari Peristiwa Kapal Terbalik di Perairan Pancer Jember, Begini Kesaksian ABK Saiful,

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas