Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Demokrat Jatim Usul Partainya Usung Jokowi di Pilpres 2019

DPD Partai Demokrat Jatim mengusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat untuk mengusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden mendatang.

Demokrat Jatim Usul Partainya Usung Jokowi di Pilpres 2019
TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Partai Demokrat (PD) Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hotel Bumi, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Sabtu (21/7/2018). TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim mengusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mengusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden mendatang.

Hal ini merujuk pada keputusan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Partai Demokrat Jatim di Surabaya, dimana di sela acara juga dilakukan pemungutan suara untuk menentukan arah dukungan bakal calon presiden di Pilpres 2019.

Pilihannya hanya dua Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto.

Voting diikuti seluruh anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, 38 ketua DPC, serta lima perwakilan DPD Jatim.

Hasilnya, Jokowi meraih dukungan telak dengan 152 suara, Prabowo 56 suara dan enam suara lainnya dinyatakan tidak sah.

Selain rekomendasi voting, pertimbangan ini juga didasarkan pada pilihan gubernur terpilih yang juga diusung Demokrat di pilkada lalu, Khofifah Indar Parawansa.

Baca: Fuad Amin dan Wawan Tak Ada di Lapas saat OTT KPK, Berikut Kronologisnya

Khofifah telah mendeklarasikan dukungan ke Jokowi.

"Seharusnya pilihan dari gubernurnya Demokrat juga bisa dijadikan variabel pertimbangan DPP," ujar Pakde Karwo yang saat ini juga masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur ini.

Pertimbangan lain, Pakde Karwo menyebut peluang untuk membuka poros ketiga juga sudah tertutup.

Sebab, bergabungnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke koalisi Jokowi, maka kans Demokrat untuk menggandeng partai lain demi tercapainya Presidential Threshold (ambang batas pencalonan presiden) pun hanya tinggal angan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas