Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abdoel Moeis Hasan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional dari Kalimantan Timur

Lembaga Studi Sejarah Lokal Komunitas Bahari (Lasaloka‑KSB) mengusulkan agar Abdoel Moeis Hassan diangkat menjadi Pahlawan Nasional dari Kaltim.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Abdoel Moeis Hasan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional dari Kalimantan Timur
Istimewa
Lembaga Studi Sejarah Lokal Komunitas Bahari (Lasaloka‑KSB) mengusulkan agar Abdoel Moeis Hassan diangkat menjadi Pahlawan Nasional dari Kalimantan Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA ‑ Lembaga Studi Sejarah Lokal Komunitas Bahari (Lasaloka‑KSB) mengusulkan agar Abdoel Moeis Hassan diangkat menjadi Pahlawan Nasional dari Kalimantan Timur.

Berkas usulan calon Pahlawan Nasional tersebut sudah diserahkan kepada Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang di rumah jabatan Wali Kota Samarinda, Jalan S Parman, Jumat (3/8/2018).

Berkas yang diterima Jaang, akan menindaklanjuti usulan yang disampaikan, sesuai peraturan dan perundang‑undangan yang berlaku.

Hal ini tertuang dalam berita acara yang ditandatangani Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan Koordinator Deklarator Muhammad Sarip didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairuddin, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda Masrullah, dan perwakilan Dinas Sosial.

Dalam kesempatan tersebut, tim Lasaloka‑KSB yang didampingi Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Kaltim juga menyerahkan berkas "Deklarasi Usulan Calon Pahlawan Nasional AM Hassan dari Kaltim".

Selain itu, surat pernyataan dukungan tokoh masyarakat berdasarkan hasil "Seminar dan Bedah Buku Mengungkap Peran Sentral Moeis Hassan dalam Sejarah Perjuangan dan Revolusi di Kalimantan Timur" pada tanggal 2 Juni 2018 di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim.

Baca: Kapal Bunga Hati 2 Ditemukan di Sekitar Pantai Indramayu, Nakhoda dan 12 ABK Masih Hilang

Termasuk, buku monograf mengenai biografi dan uraian perjuangan Abdoel Moeis Hassan yang diterbitkan Lasaloka‑KSB berjudul Moeis Hassan dalam Sejarah Perjuangan dan Revolusi di Kalimantan Timur (ISBN: 978‑602‑5431‑22‑7), serta 2 buku referensi lainnya yang berjudul Samarinda Tempo Doeloe Sejarah Lokal 1200‑1999 (ISBN: 978‑602‑60453‑4‑8) dan Dari Jaitan Layar sampai Tepian Pandan: Sejarah Tujuh Abad Kerajaan Kutai Kertanegara (ISBN: 978‑602‑5431‑15‑9).

BERITA REKOMENDASI

Naskah Deklarasi Usulan Calon Pahlawan Nasional dibuat dan ditandatangani oleh empat deklarator yakni Muhammad Sarip, Fajar Alam, Arief Rahman, dan Nabila Nandini.

Kemudian, sepuluh tokoh masyarakat yang kredibel yaitu Mohammad Asli Amin, Slamet Diyono, Suparmin, G Simon Devung, Ellie Hasan, Maria Teodora Ping, Aksan Al‑Bimawi, Chai Siswandi, Awang Aria Erlisatria, dan Yeremia Ledi memberikan dukungannya dalam pernyataan tertulis.

Sementara hasil seminar dan bedah buku mengenai Moeis Hassan tanggal 2 Juni 2018 yang disampaikan, ditandatangani oleh Nabila Nandini, moderator seminar tersebut.

Ketua Lasaloka‑KSB Fajar Alam mengatakan, saat ini belum ada satupun nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Kaltim.

Sebenarnya, kata Fajar, Kaltim sudah pernah mengusulkan beberapa nama, salah satunya Awang Long.

Namun dalam perjalanannya, usulan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh Pemerintah Pusat.

Lasaloka‑KSB sendiri, kata Fajar, sehari‑seharinya memang bergerak di bidang riset dan penulisan buku tentang kesejarahan lokal, baik di Samarinda dan Kaltim.

"Kaltim menjadi satu dari sedikit provinsi di Indonesia yang belum punya Pahlawan Nasional. Ada beberapa usulan yang disampaikan Pemprov Kaltim. Tapi tidak lolos di tahapan berikutnya," kata Fajar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas