Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Generasi Z Surabaya Aktif Berdiskusi Politik

Diskusi membahas tentang prediksi partisipasi generasi Z dalam kehidupan politik Indonesia di masa depan.

Generasi Z Surabaya Aktif Berdiskusi Politik
HandOut/IST
Diskusi yang bertajuk "Politik Jaman Now", di Kedai Dodit, Jalan Semolowaru, Surabaya, Senin malam silam. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekelompok anak muda pecinta seni, menghadiri acara diskusi yang berjudul "Politik Jaman Now", di Kedai Dodit, Jalan Semolowaru, Surabaya, Senin malam silam.

Diskusi membahas tentang prediksi partisipasi generasi Z dalam kehidupan politik Indonesia di masa depan.

Dalam acara diskusi itu, anak-anak muda tersebut berdiskusi dan mendengarkan materi dari Andri Arianto, pengajar ilmu sosial politik dari Universitas Iskam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Surabaya.

Dalam paparannya, Andri menyatakan secara umum pemahaman politik generasi Z, sangat berbeda dibanding generasi sebelumnya.

Saat ini, kata dia, sistem politik yang diterapkan di Indonesi, masih menitikberatkan pada upaya kelompok-kelompok tertentu untuk mengamankan kepentingannya.

Generasi Z merupakan generasi yang lahir di tengah perkembangan teknologi yang berlangsung secara cepat dan pesat, sehingga pemahaman mereka tidak mengenal politik tradisional seperti generasi sebelumnya.

"Umumnya generasi Z hidup di era digital, dan mengenal medsos, youtube dan lain sebagainya, sehingga mereka banyak pengaruh eksternal yang mereka serap", kata Andrian.

Atas hal itu, generasi Z lebih menyukai sesuatu yang didapat dari hasil kerja keras, dan terwujud dalam bentuk karya nyata, dibandingkan dengan pola mengumbar janji namun realisasinya tidak terbukti.

Selain itu, karakter generasi Z saat ini tidak bisa secara mudah dipengaruhi jargon politik tertentu, seperti yang sering beredar di media massa.

Hal itu karena generasi Z lebih mengutamakan diskusi dua arah, dengan argumentasi yang rasional, sehingga mereka bisa lebih memahami substansi masalah dengan lebih jelas.

Halaman
123
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas