Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bos IMF Christine Lagarde Berikan Bantuan Rp 2 Miliar untuk Korban Gempa Lombok, Palu dan Donggala

Lagarde menyerahkan bantuan yang dikumpulkan dari pihak manajemen dan staf IMF sebesar Rp 2 miliar untuk para korban gempa bumi di Lombok, Palu.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bos IMF Christine Lagarde Berikan Bantuan Rp 2 Miliar untuk Korban Gempa Lombok, Palu dan Donggala
Istimewa
CEO Bank Dunia, Kristalina Georgieve tengah melihat kondisi anak-anak di Desa Bresela, Payangan, usai meninjau program Pam Simas di desa setempat, Senin (8/10/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, NUSA DUA - Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 diawali Senin (8/10/2018) dengan bebagai kegiatan solidaritas untuk Indonesia, yang dilakukan oleh panitia pelaksana.

Salah satunya adalah kepedulian kepada masyarakat Lombok yang terkena bencana gempa.

Dalam kegiatan Solidarity for Lombok kemarin, bos Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde turut mengulurkan bantuan.




Lagarde menyerahkan bantuan yang dikumpulkan dari pihak manajemen dan staf IMF sebesar Rp 2 miliar untuk para korban gempa bumi dan tsunami di Lombok (NTB) dan Palu-Donggala (Sulawesi Tengah).

Menurut siaran pers yang diterima dari Panitia Pelaksana Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia kemarin, bantuan itu diserahkan langsung oleh Lagarde, yang disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah LSM antara lain World Central Kitchen dan World Vision.

Baca: Perekam Video Asusila Mahasiswa UIN Bandung Ternyata Mahasiswa di Kampus yang Sama

"Tiga tahun lalu saat Indonesia terpilih dari 10 negara terbaik yang bisa menyelenggarakan Pertemuan Tahunan IMF–WBG 2018, kita tidak tahu bahwa Gunung Agung akan mengalami turbulensi. Kita juga tidak tahu bahwa akan ada gempa bumi di Lombok, dan kita juga tidak pernah tahu bahwa akan ada gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Yang kita tahu Indonesia adalah pilihan terbaik, dan ketua tim yakni Pak Luhut membuat kami percaya untuk mengadakan pertemuan tahunan ini di Bali," jelas Christine Lagarde yang jabatan resminya di IMF adalah direktur pengelola.

Lagarde yang asal Prancis itu mengatakan, setelah ia melihat langsung keadaan di Lombok dan Palu, ia akan meminta uluran tangan seluruh peserta pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua.

BERITA TERKAIT

"Dengan telah melihat secara langsung keadaan di Lombok dan Palu, kami akan meminta kepada seluruh peserta pertemuan ini untuk bisa mengulurkan tangan dan berbagi kedermawanan mereka," tambahnya.

Sebelumnya memang telah dilakukan pula kunjungan bantuan ke Palu oleh Menko Kemaritiman dan perwakilan IMF.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mendatangi 4 lokasi untuk bertemu langsung dengan para korban bencana di Sulawesi Tengah.

Baca: Kisah Warga Asing Berstatus Ilegal di Jepang, Tak Berani Pulang ke Negara Asal hingga Bunuh Diri

Selain mengantarkan bantuan, kesempatan tatap muka dengan masyarakat Palu juga digunakan untuk mengidentifikasi bantuan krusial yang dibutuhkan segera oleh masyarakat setempat, seperti air bersih.

Ikut bersama Lagarde dan juga memberikan bantuan di Lombok kemarin adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan.

Luhut menyerahkan sumbangan Penanggulangan Bencana Lombok melalui “PWNU Jatim Peduli Lombok” sebesar Rp 500 juta, beserta baju seragam sekolah sebanyak 241 stel untuk SDN Guntur Macan 1 dan 2.

Sementara itu, Gubernur BI menyerahkan sumbangan Program Sosial Bank Indonesia sebesar Rp 500 juta untuk rehabilitasi bangunan dan sarana prasarana kepada 5 masjid dan 2 sekolah di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, dan Kota Mataram.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas