Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jumlah Pengunjung Teras Cihampelas Menurun, Sejumlah PKL Gulung Tikar

Para pedagang mengeluhkan penurunan signifikan jumlah pembeli sejak awal Januari 2018

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Jumlah Pengunjung Teras Cihampelas Menurun, Sejumlah PKL Gulung Tikar
KOMPAS.com/Putra Prima Perdana
Pedagang Kaki Lima (PKL) di Teras Cihampelas mulai memasang terpal sebagai penutup lapak jualan mereka yang membuat pemandangan menjadi kumuh 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Lokasi Teras Cihampelas yang terletak tak begitu jauh dari pusat pemerintahan Kota Bandung. Jaraknya hanya sekitar 2,5 kilometer dan masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Teras Cihampelas yang didirikan untuk menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung itu mempunyai fasilitas yang cukup baik. Sebut saja suasana yang nyaman, bersih, bagi pedagang dan pengunjung yang berada dilokasi tersebut, hingga toilet dan mushala yang terawat rapi.

Namun, nasib para 192 pedagang Teras Cihampelas yang terdiri dari pedagang pakaian, sandal, tas, aksesoris, makanan dan minuman, dan lainnya tak seindah fasilitas di sana.

Para pedagang mengeluhkan penurunan signifikan jumlah pembeli sejak awal Januari 2018.

Akibatnya, sejumlah pedagang disana pun terdapat yang menutup lapaknya.

Berdasarkan pantauan Tribunjabar.id, terlihat beberapa kios-kios yang tidak beroperasi, tertutup rapat dan kiosnya dibungkus oleh kain penutup.

Baca: 4 Jajanan Kaki Lima Terunik di Dunia: Ada Es Kedelai Jeruk hingga Frozen Banana

BERITA TERKAIT

Jumlah pengunjungnya pun bisa dihitung dengan jari. Para pedagang terlihat asyik mengobrol disekitar kios mereka karena tidak mempunyai konsumen untuk dilayani.

"Pedagang pun berkurang banyak yang gulung tikar. Mereka melaporkan secara lisan karena merugi dan sepi. Hingga kini datanya kami belum merinci secara pasti," ujar Humas Badan Pengelola Teras Cihampelas, Devian Yusam, di Teras Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (25/10/2018).

Baca: Prabowo Lama Hidup di Luar Negeri, Sudjiwo Tedjo: Dia Cinta Banget Sama Negerinya Atau Benci Sekali?

Devian mengatakan, kini selain merugi, seluruh pedagang di Teras Cihampelas merasa terbebani dengan membayar uang iuran setiap hari untuk keperluan perawatan Taman, CCTV, membeli plastik sampah dan biaya upah membuang sampah, dan lainnya, karena sepi dari pembeli.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Menengok Sepinya Kios Pedagang di Teras Cihampelas, Tak Sedikit yang Gulung Tikar, http://jabar.tribunnews.com/2018/10/25/menengok-sepinya-kios-pedagang-di-teras-cihampelas-tak-sedikit-yang-gulung-tikar.
Penulis: Ery Chandra
Editor: Seli Andina Miranti

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas