Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sinergikan Kampung Siaga Bencana dan Program Keluarga Harapan

abupaten Blitar merupakan urutan ke 32 dengan Skor 210 dari 38 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur yang memliki kategori rawan bencana

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Sinergikan Kampung Siaga Bencana dan Program Keluarga Harapan
istimewa
Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI Nur Pujianto 

TRIBUNNEWS.COM, BLITAR  - Kementerian Sosial membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar yang menjadi ke ke 630 di Indonesia.

Ini merpakan KSB kedua yang dibentuk Kemensos di Blitar setelah sebelumnya Kecamatan Nglegok.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI yang dibacakan Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI Nur Pujianto disebutkan dipilihnya Kecamatan Ponggok sebagai KSB karena wilayah ini berpotensi tinggi dilanda angin puting beliung.

Di samping itu, Kabupaten Blitar merupakan urutan ke 32 dengan Skor 210 dari 38 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur yang memliki kategori rawan bencana.

"Kenapa dipilih Kecamatan Ponggok sebagai Kampung Siaga Bencana, karena daerah ini merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana puting beliung, kekeringan dan kebakaran. Ponggok juga merupakan daerah rawan dilewati lahar dingin Gunung Kelud," tutur Nur Pujianto.

Baca: Kemensos Berangkatkan Pekerja Sosial Supervisor PKH ke Donggala, Palu dan Sigi

Pendirian KSB melibatkan semua pilar-pilar sosial termasuk pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) karena sebagian besar warga yang terdampak bencana adalah Keluarga Penerima Manfaat bantuan PKH.

"Sebagian besar penerima manfaat PKH adalah korban bencana sehingga mereka juga harus sadar dan paham penanggulangan bencana," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan ini juga dikukuhkan anggota komisi VIII An'im Falachuddin sebagai Pembina Kehormatan TAGANA dengan area tugas seluruh Indonesia.

Pembina Kehormatan juga bertugas memberikan dukungan dan memperjuangkan anggaran penanggulangan bencana alam di DPR RI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas