Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banyak Pihak Meragukan Pakde Karwo akan Tinggalkan Demokrat Susul TGB Gabung Golkar

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Soekarwo diragukan akan mengikuti langkah Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zainul Majdi

Banyak Pihak Meragukan Pakde Karwo akan Tinggalkan Demokrat Susul TGB Gabung Golkar
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Gubernur Jatim, Soekarwo 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Soekarwo diragukan akan mengikuti langkah Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) bergabung ke Partai Golkar.

Ketua DPD Golkar Jatim, Zainuddin Amali menilai hal itu tak akan terjadi mengingat peran penting Pakde Karwo di Demokrat, khususnya Demokrat di Jatim, masih sangat diperlukan.

"Kami pikir tidak demikian," kata pria yang akrab disapa ZA ini ketika ditemui di Surabaya, Jumat (21/12/2018).

Di Jatim, Pakde Karwo memang masih aktif sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Berbeda halnya dengan TGB yang telah lepas dari jabatan Ketua DPD Demokrat NTB sejak 2017 lalu.

"Peran Pakde Karwo masih sangat dibutuhkan Demokrat, apalagi tahun depan Pemilu," kata ZA yang juga Anggota DPR RI ini.

Selain pengurus di daerah, Pakde Karwo juga termasuk Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat. Jabatan ini juga diampu oleh TGB sebelum akhirnya keluar dari Demokrat.

Selain itu, Pakde Karwo juga dinilai berbeda sikap soal pandangan politik di pilihan presiden. Berbeda halnya dengan TGB yang menyatakan sikap mendukung Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin.

Sekalipun dalam beberapa kesempatan, Pakde Karwo juga tidak secara tegas akan mendukung pencalonan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, capres yang juga didukung Partai Demokrat. "Kami rasa Pakde Karwo masih menghormati instruksi partainya," urai ZA.

Sebaliknya, Pakde Karwo hingga kini memang belum menentukan arah dukungan di pilpres. Ia memilih untuk fokus dalam menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Jatim yang akan selesai Februari mendatang.

Meskipun demikian, Demokrat Jatim di bawah kepemimpinan Pakde Karwo pernah mengusulkan kepada DPP Demokrat untuk mendukung Jokowi melalui rekomendasi rapat pengurus daerah. Sekalipun, usulan itu ditolak DPP.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas