Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bupati Asip Kholbini Beli Batik Warga Pekalongan Seharga Rp 100 Juta

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi membeli batik seharga Rp 100 juta untuk koleksi Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bupati Asip Kholbini Beli Batik Warga Pekalongan Seharga Rp 100 Juta
Tribun Jateng/Budi Susanto
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi membeli batik seharga Rp 100 juta untuk koleksi Pemkab, dalam acara fashion show batik di Pendopo Kabupaten Pekalongan. TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNNEWS.COM, PEKALONGAN - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi membeli batik seharga Rp 100 juta untuk koleksi Pemkab, dalam acara fashion show batik di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Jumat (21/12/2018) malam.

Diketahui batik tersebut merupakan karya dari Sapuan, perajin batik asal Kabupaten Pekalongan, yang sudah dipamerkan ke beberpa negara termasuk Swiss.

Asip menerangkan, dalam rangka menyambut Hari Ibu, Pemkab Pekalongan mengadakan acara fashion show batik karena batik merupakan seni adiluhur, dan batik adalah karya yang mengedepankan kerja bersama.

"Karya batik Dewa Ruci merupakan produk yang hebat, dan harganya Rp 100 juta, menurut kami sagat layak untuk dijadikan koleksi daerah dan akan kami koleksi," katanya.

Pihaknya sangat bersyukur, karena Kabupaten Pekalongan memiliki semiman batik yang memiliki karya luar biasa.

Baca: TGB Ungkap Alasannya Bergabung dengan Partai Golkar

Untuk itu, pihaknya menggelar acara untuk mengapresisi karya batik.

BERITA TERKAIT

"Tahun depan kami akan pasarkan batik ke Spanyol, mengingat beberapa waktu lalu kami sudah pasarkan batik ke Rusia dan Amerika. Dan hasilnya, warga Rusia dan Amerika mencari batik hingga ke Pekalongan. Walaupun belum masif akan terus kami lakukan agar kejayaan batik bisa kembali lagi," tambahnya.

Untuk mengembangkan batik, pihaknya berharap semua OPD bergerak dan mengembangkan batik yang merupakan produk khas Pekalongan.

"Pemkab Pekalongan akan melakukan kerja sama dengan beberapa daerah untuk mempopulerkan batik. Kemungkinan dalam waktu dekat akan kami pamerkan batik ke Banyuwangi, supaya batik Pekalongan menginspirasi daerah lain," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Bupati Asip Beli Batik Karya Warga kabupaten Pekalongan Seharga Rp 100 Juta

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas