Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemensos Serahkan Bantuan Hunian dan Modal Usaha kepada 50 KK Warga Eks-Gelandang dan Pengemis

Program ini menjadi bagian dari program Kementerian Sosial "Desaku Menanti" yang khusus mengembalikan keberfungsian sosial eks-gelandang dan pengemis.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kemensos Serahkan Bantuan Hunian dan Modal Usaha kepada 50 KK Warga Eks-Gelandang dan Pengemis
HandOut/Ist
Pemberian bantuan berupa tempat tinggal dan bantuan modal usaha. terhadap sebanyak 195 orang (50 KK) warga eks-gelandang dan pengemis di Karangasem.Bantuan kepada warga Banjar Muntigunung, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem ini, menjadi bagian dari program Kementerian Sosial "Desaku Menanti" yang khusus mengembalikan keberfungsian sosial eks-gelandang dan pengemis. 

TRIBUNNEWS.COM, KARANGASEM - Sebanyak 195 orang (50 KK) warga eks-gelandang dan pengemis di Karangasem mendapat tempat tinggal dan bantuan modal usaha.

Bantuan kepada warga Banjar Muntigunung, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem ini, menjadi bagian dari program Kementerian Sosial "Desaku Menanti" yang khusus mengembalikan keberfungsian sosial eks-gelandang dan pengemis.

Pengembangan kompleks hunian yang bernama “Kampung Kesetiakawanan Sosial Giri Winangun Setiadharma” ini juga merupakan bagian dari program prioritas penanganan kemiskinan yang kini gencar dilaksanakan pemerintah.

Direktur Jenderal Rehabiltasi Sosial, Edi Suharto menyatakan, masalah kemiskinan karakteristiknya bermacam-macam. Penanganannya pun membutuhkan pendekatan berbeda-beda.

"Tidak bisa semuanya diselesaikan dengan bantuan tunai bersyarat. Dengan Program Desaku Menanti ini menunjukkan negara hadir dan Presiden Jokowi memperhatikan segmen-segmen masalah kemiskinan," kata Edi saat menghadiri peresmian Program Desaku Menanti, di Banjar Muntigunung, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (15/01/2019).

Edi mengatakan, Program 'Desaku Menanti' unik dan lengkap. Sebab di dalamnya tidak hanya bantuan rumah, tapi juga ada modal usaha, bantuan peralatan, dan sebagainya.

"Peserta program ini juga mendapat bimbingan usaha. Mereka didampingi oleh Tagana, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Karang Taruna,” kata Edi.

BERITA REKOMENDASI

Cabut Akar Kemiskinan

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Sonny W Manalu menyatakan, Program Desaku berorientasi pada mencabut akar masalah kemiskinan. Yakni dengan memenuhi kebutuhan:

a) Papan (rumah tinggal)
b) Usaha Kemandirian (Usaha Ekonomi Produktif/UEP)
c) Jaminan Hidup

Total bantuan yang diberikan kepada “Kampung Kesetiakawanan Sosial Giri Winangun Setiadharma” adalah sebesar Rp 2.328.750.000.

"Tanpa mencabut akarnya, kemiskinan akan tetap tumbuh. Kita telah meninggalkan pendekatan hit and run yakni merazia mereka di pinggir jalan, menjadi penjangkauan langsung," kata Sonny.

Pendekatan kedua ini lebih komprehensif karena melibatkan enam pihak sekaligus. Yakni Kementerian Sosial sebagai leading sector, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Lembaga Kesejahteraan Sosial, para eks gepeng, dan masyarakat termasuk di dalamnya dunia usaha.

Menurut Sonny, makna filosofis dari program “Desaku Menanti” adalah mengembalikan mereka yang memilih menggelandang dan mengemis di kota-kota besar ke kampung halamannya, dengan memberikan dukungan terhadap apa yang menjadi kebutuhannya setelah kembali ke desa, seperti penyiapan rumah layak huni, pemberian bimbingan keterampilan dan pemberian stimulan modal usaha.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas