Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantuan Li Ka Shing-CK Hutchinson untuk Korban Gempa Sulteng Digunakan untuk Bangun Hunian Warga

Mayoritas dana tersebut, sekitar Rp 63 miliar digunakan untuk membangun hunian sementara (Huntara) yang tersebar di tiga site di Palu

Editor: Sanusi
zoom-in Bantuan Li Ka Shing-CK Hutchinson untuk Korban Gempa Sulteng Digunakan untuk Bangun Hunian Warga
TRIBUNNEWS.COM/Kolonel Sus Taibur Rahman
Prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Penanggulangan Bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Palu, Sigi dan Donggala mengerahkan sejumlah Alat Berat dari Satuan Zeni Tempur (Zipur) TNI AD dibantu instansi lainnya untuk meratakan daerah yang terkena dampak likuifaksi di Balaroa, Sulawesi Tengah, Senin (22/10/2018). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI/Kolonel Sus Taibur Rahman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dana bantuan kemanusiaan senilai 5 juta dolar AS atau sekitar Rp 75 miliar dari Li Ka Shing Foundation-CK Hutchison Holdings untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sampai akhir Desember 2018 telah terpakai lebih dari 90 persen.

Mayoritas dana tersebut, sekitar Rp 63 miliar digunakan untuk membangun hunian sementara (huntara) yang tersebar di tiga site di Palu yakni di Petobo, Pacuan Kuda, dan Universitas Tadulako. Sebagian dana lainnya dipakai untuk pengadaan fasilitas kesehatan di rumah sakit (RS) di Palu dan fasilitas pengolahan air bersih berkapasitas 10 liter/detik di daerah Kawatuna, Palu.

"Kami mendapat laporan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai pengelola dana bantuan Li Ka Shing-CK Hutchison bahwa penggunaan dananya sudah terserap dengan baik. Semoga dengan fasilitas hunian sementara dan beberapa fasilitas kesehatan yang disediakan dapat membantu masyarakat Palu-Donggala untuk bangkit menjalani hidup yang lebih baik lagi," jelas Rianti Ang, Chief Executive Officer (CEO) Hutchison Port Indonesia (HPI), di Jakarta.

Untuk pengadaan huntara, ditargetkan akan dibangun sebanyak 48 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 35 unit sudah hampir rampung. Huntara yang dibangun untuk para korban bencana ini mayoritas berada di site Petobo yaitu 33 unit.

Baca: Warganet Soroti Penyebaran Tabloid Indonesia Barokah

Sementara site Pacuan Kuda 10 huntara dan site Universitas Tadulako ditargetkan 5 huntara. Wilayah Petobo merupakan salah satu daerah yang terparah menjadi korban gempa dan tertimbun lumpur (likuifaksi).

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat sekitar 744 unit rumah di Petobo yang tertimbun lumpur akibat gempa bumi pada 28 September 2018 lalu.

Rianti juga menyampaikan apresiasinya terhadap PT SMI yang telah berhasil menyalurkan bantuan dari Li Ka Shing - Hutchison Holdings. Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Li Ka Shing - Hutchison Holdings untuk berkontribusi bagi perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

BERITA TERKAIT

Selain bantuan dana senilaii 5 juta dolar AS itu, CK Hutchison Holdings juga turut memberikan bantuan lain berupa 120.000 paket tisu basah atau senilai Rp 800 juta dari Watsons Indonesia, obat-obatan dari Hutchison Ports Indonesia (HPI) melalui anak perusahaannya PT Jakarta International Container Terminal (JICT) dan peluncuran program donasi Hutchison 3 Indonesia (H3I) #PaluDonggalaBangkit.

“Bantuan ini adalah bentuk kepedulian murni kepada mereka yang membutuhkan, sekaligus komitmen Hutchison Holding untuk membantu para korban bencana agar bisa segera bangkit dan menjalani kehidupannya secara normal kembali,” kata Rianti saat pemberangkatan bantuan dari CK Hutchison Holdings Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Bantuan Li Ka Shing - CK Hutchinson Untuk Hunian Warga dan Fasilitas Kesehatan di Palu dan Donggala

Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas