Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebut Nahdlatul Ulama Organisasi Radikal, Buku Pelajaran IPS Kelas 5 di Demak Ditarik

Buku IPS kelas 5 SD berjudul 'Peristiwa dalam Kehidupan' yang beredar di SD negeri/swasta Demak menimbulkan keresahan.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Sebut Nahdlatul Ulama Organisasi Radikal, Buku Pelajaran IPS Kelas 5 di Demak Ditarik
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Buku Pelajaran kelas 5 SD berjudul Peristiwa dalam Kehidupan, di dalam buku tersebut pada halaman 45 menyebut jika Nahdlatul Ulama disejajarkan dengan Partai Komunis Indonesia lantaran sebagai organisasi radikal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNNEWS.COM, DEMAK - Buku IPS kelas 5 SD berjudul 'Peristiwa dalam Kehidupan' yang beredar di SD negeri/swasta Demak menimbulkan keresahan.

Di dalam buku halaman 45 itu, diduga adanya keterangan yang menyebut jika Nahdlatul Ulama disejajarkan dengan Partai Komunis Indonesia yang menjadi organisasi radikal.

Pantauan Tribun Jateng di SDN Bintoro 5 Demak, Kamis (7/2/2019) pagi, buku kelas 5 SD berjudul 'Peristiwa dalam Kehidupan' itu telah dimiliki dan digunakan sebagai buku panduan anak-anak kelas 5 SD.

Guru kelas 5 SDN Bintoro 5 Demak, Masrukhah, enggan berkomentar terkait hal itu.

Sejak tahun 2017, dia telah menggunakan buku itu dan tidak terjadi masalah.

Saat ini, dia juga belum sampai pada materi tersebut.

BERITA TERKAIT

"Kok bareng sekarang bermasalah ya, dulu tidak ada apa-apa. Selanjutnya, saya menunggu instruksi lebih lanjut dari atasan untuk menyikapi hal tersebut," jelasnya di SDN Bintoro 5 Demak, Kamis (7/2/2019) pagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Anjar Gunadi mengaku baru menerima informasi tersebut, sejak Rabu (7/2//2019).

Pihaknya langsung menindaklanjuti dengan memberikan perintah kepada seluruh jajaran di dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Demak.

"Seluruh jajaran mulai dari kabid, kasi, pengawas, kepala UPTD, sampai dengan kepala sekolah dan guru bila menjumpai buku-buku yang semacam itu untuk segera ditarik dan di laporkan secara berjenjang jika hal ini terbukti, tetapi kalau tidak ada kami akan mengadakan penelitian kembali," ujarnya di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Kamis (7/2/2019) pagi. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Sebut Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Radikal, Disdikbud Demak Minta Buku IPS Kelas 5 Ditarik

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas