Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenazah Nuryanto, Korban Mutilasi di Malaysia Segera Dipulangkan Meski Bagian Tubuhnya Tidak Lengkap

Jenazah Ujang Nuryanto, pengusaha kain asal Bandung segera dipulangkan ke kampung halamannya, meski salah satu bagian tubuhnya belum ditemukan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jenazah Nuryanto, Korban Mutilasi di Malaysia Segera Dipulangkan Meski Bagian Tubuhnya Tidak Lengkap
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Istri Nuryanto, Meli Rahmawati (33), di rumahnya di Kampung Ciodeng, Desa Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (11/2/2019). TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Jenazah Ujang Nuryanto (37), pengusaha kain asal Kabupaten Bandung segera dipulangkan ke kampung halamannya, meski salah satu bagian tubuhnya belum ditemukan.

"Sudah ada kepastian pemulangan. Mudah-mudahan empat hari dari sekarang jenazahnya sudah bisa di rumah diantar dari petugas Kedutaan Besar Indonesia (KBRI). Perkiraan awal pekan depan," ujar Hermawan, pengacara Nuryanto saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Kepastian dipulangkannya jenazah Nuryanto setelah ia dikabari secara resmi dari KBRI di Malaysia.

Pihak keluarga dihubungi pada Kamis (28/2/2019). Menurut Hermawan, pihak keluarga masih terpukul dengan kejadian ini.

"Dua hari lalu KBRI menghubungi pihak keluarga terkait teknis pemulangan. Nanti akan diterbangkan dan didampingi pet‎ugas KBRI dalam keadaan tidak lengkap, pihak keluarga sudah ikhlas karena kelamaan disana," ujarnya.

Uji DNA dilakukan Polri dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

BERITA TERKAIT

Hasilnya, memastikan bagian tubuh korban mutilasi di pinggir Sungai Buloh, Selangor, Malaysia adalah Ujang Nuryanto (37).

Baca: Mahfud MD Hanya Tertawa Dituding Memojokkan SBY

"DNA sudah cocok. Pihak keluarga diminta menyiapkan dokumen untuk pemulangan jenazah, seperti KTP dan dokumen lain," ujarnya.

Dokumen yang diperlukan seperti Medical Certificate of Cause of Death (MCCD) dari rumah sakit, izin ekspor dari Jabatan Kesehatan Malaysia (JKM), Surat Kematian dari Jabatan Pendaftaran Negara, hasil autopsi (post mortem) dari ahli waris dan surat dari kepolisian.

Keluarga Nuryanto, pengusaha garmen asal Kabupaten Bandung yang diduga tewas mengenaskan di Malaysia mendatangi Mapolda Jabar, di Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (14/2/2019). Istri Nuryanto, Meli Rahmawati (33) hadir didampingi pengacaranya, Hermawan. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Keluarga Nuryanto, pengusaha garmen asal Kabupaten Bandung yang diduga tewas mengenaskan di Malaysia mendatangi Mapolda Jabar, di Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (14/2/2019). Istri Nuryanto, Meli Rahmawati (33) hadir didampingi pengacaranya, Hermawan. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

"Pihak KBRI katanya yang menanggung segala biaya pemulangan jenazah dari Malaysia ke Indonesia. Setibanya disini langsung dimakamkan di Rancamanyar," ujar dia.

Ditanya soal kesediaan keluarga menerima jenazah dalam keadaan bagian tubuh tidak lengkap, kata Hermawan, pihak keluarga sudah menerima.

‎Pasalnya, pasca ditemukan hingga kini, jenazah sudah lama di Malaysia.

"Pihak keluarga sudah menerima dan ikhlas. Karena kalau nunggu bagian tubuh lain dikhawatirkan akan lama lagi," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas