Tribun

Program Pengelolaan Sengon Mendukung Perekonomian Desa

Salah satu jenis pohon sengon, yakni tekek merupakan jenis yang banyak digunakan untuk pembuatan kertas dan kayu lapis

Editor: Eko Sutriyanto
Program Pengelolaan Sengon Mendukung Perekonomian Desa
Istimewa
Kepala Desa Rejosari, Temanggung, Jawa Tengah, Sriyono Budianto (kiri, baju putih) menerima bantuan bibit sengon dari perwakilan PT Sekawan Sumber Sejahtera, Fauzi. Program bantuan bibit untuk petani ini merupakan corporate sustainability program PT Sekawan Sumber Sejahtera yang berlangsung setiap tahun bekerja sama dengan perangkat desa di Kabupaten Temanggung, Jateng 

TRIBUNNEWS.COM, TEMANGGUNG - Pengelolaan hutan tanam rakyat merupakan salah satu cara untuk memberikan suplai bahan baku kepada industri kayu lapis di daerah.

Salah satu jenis tanaman yang dihasilkan lewat pengelolaan hutan adalah kayu sengon atau sering disebut juga dengan albasia, yang merupakan jenis pohon yang merupakan habitat asli Indonesia.

Sejak dulu, hutan Indonesia menyimpan segenap potensi yang mendukung kelangsungan hidup penduduk sekitar.

Selain hutan alam yang perlu dijaga kelestariannya, keberadaan hutan tanam industri (HTI) dan hutan tanam rakyat (HTR) juga meningkatkan perekonomian rakyat jika dikelola dengan baik.

Fakta ini mendorong PT Sekawan Sumber Sejahtera Budi Handoko, sebuah perusahaan pabrik kayu lapis di Temanggung, Jawa Tengah menyerahkan bibit pohon sengon.

"ini dalam rangka mendorong petani untuk menjadikan pohon sengon sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan," kata Direktur Operasional  di Temanggung, Jawa Tengah.

Program bantuan bibit untuk petani ini bekerja sama dengan perangkat desa di Kabupaten Temanggung merupakan corporate sustainability program PT Sekawan Sumber Sejahtera yang berlangsung setiap tahun.

Baca: Keluarga Uno Dukung Jokowi, Sandi: Biasa Dalam Demokrasi

Dengan demikian, kebutuhan pasokan kayu sengon akan mudah didapatkan dengan sebaran petani yang membudidayakannya di wilayah yang terjangkau ke lokasi pabrik PT Sekawan Sumber Sejahtera.

Struktur dan sarana transportasi yang ada di pedesaan di Jawa juga sudah mendukung mobilitas bahan baku yang satu ini.

Kepala Desa Rejosari, Temanggung, Jawa Tengah, Sriyono Budianto menyambut baik kegiatan bantuan bibit yang diberikan di desanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas