Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Selain Penulisan Berita, Bimtek bagi Pengelola Media Center Daerah Juga Beri Pelatihan Foto

Bimtek yang rutin diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas pengelola media center

Selain Penulisan Berita, Bimtek bagi Pengelola Media Center Daerah Juga Beri Pelatihan Foto
HandOut/Istimewa
Suasana bimbingan teknis berita dan foto jurnalistik untuk pengelola media center (MC) daerah yang dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada 10 hingga 12 April 2019 di Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Gelaran Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola media center (MC) yang dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tahun ini tak hanya memberikan pelatihan penulisan berita tetapi juga foto jurnalistik.

Bimtek tersebut diadakan pada 10-12 April 2019 di Yogyakarta ini diikuti oleh Pengelola MC daerah di wilayah Barat yaitu Jawa dan Kalimantan.

Kasubdit Media Online, Direktorat Pengelolaan Media Ditjen IKP, Nurlaili mengutarakan, kegiatan Bimtek MC ini yang keempat dan terakhir di tahun 2019 ini diikuti 75 peserta pengelola Media Center Daerah yang dinilai yang terbanyak pesertanya dibandingkan bimtek sebelumnya.

Nurlaili menjelaskan pelatihan ini tidak hanya pada pelatihan penulisan berita, namun juga foto jurnalistik online.

"Tidak hanya tulisan, tahun ini kami akan menggiatkan pelatihan foto jurnalistik online untuk mengimbangi jumlah berita yang masuk ke redaksi infopublik yang didominasi tulisan," sebut Nurlaili.

Adapun Direktur Pengelolaan Media (PM), Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kemkominfo, Siti Meiningsih pada pembukaan acara mengungkapkan penyelenggaraan Bimtek yang rutin diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas pengelola media center (MC) dalam penulisan berita dan foto jurnalistik online.

Menurutnya, di era teknologi digital saat ini, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar, terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi sebagaimana tugas Goverment Publik Relation (GPR).

"Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintah yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel," kata Siti Meiningsih saat secara resmi membuka Bimtek Pengelola MC daerah, Rabu (10/4/2019).

Nurlaili berharap, Bimtek kali ini tidak hanya menambah pengetahuan peserta dibidang penulisan dan foto jurnalistik online, namun juga diharapkan dapat mengaktifkan kembali Media Center dalam memberikan kontribusi informasi atau berita dan foto.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Sleman Purwanto Widodo mengatakan peran MC di era multi digital sangat besar sekali.

MC sebagai pusat pelayanan informasi dan komunikasi publik berperan dalam mengkomunikasikan kebijakan publik secara cepat, tepat dan akurat serta untuk meningkatkan partisipasi publik.

MC tidak hanya sebagai corong pemberitaan pemerintah namun sebaliknya MC harus bisa menjadi pusat informasi positif yang bersumber dari masyarakat.

"Kami dari kabupaten sleman bangga ikut hadir menjadi bagian dari jaringan media infopublik dimana MC Sleman aktif menyebarkan informasi secara aktif terkait dengan pelayanan publik dan sebagainya," ujar Purwanto.

Dia menambahkan bahwa MC tumbuh berkembang dari partisipasi masyarakat.

Berita-berita MC Sleman yang distribusikan ke Infopublik merupakan partisipasi masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang telah memberikan informasi positif buat publik. (Reynas/Tribunnews)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas