Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semua Aset Penambangan Emas Dibawa ke Gudang PT EMM di Luar Wilayah Beutong Ateuh

Semua aset perusahaan akan diangkut ke gudang PT EMM di luar wilayah Beutong Ateuh Banggalang dengan dikawal anggota TNI.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Semua Aset Penambangan Emas Dibawa ke Gudang PT EMM di Luar Wilayah Beutong Ateuh
Serambi Indonesia/Sadul Bahri
Proses pembongkaran barak PT EMM di Beutong Ateuh, Nagan Raya. SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI 

TRIBUNNEWS.COM, SUKA MAMUE - Pembongkaran barak di camp milik PT Emas Mineral Murni (EMM) di Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya, hingga Sabtu (13/4/2019), masih berlanjut.

Sebab, ada sejumlah aset pada salah satu gudang di camp tersebut membutuhkan tenaga teknis untuk membongkarnya.

Pembongkaran barak itu diawasi ketat oleh personel Kodim 0116/Nagan Raya.




Sementara para pekerja perusahaan tambang tersebut sejak Jumat (12/4/2019) sudah meninggalkan kawasan itu atas tuntutan warga setempat yang melancarkan aksi demo ke camp PT EMM pada Kamis (11/4/2019) dan Jumat (12/4/2019).

"Pembongkaran masih berlangsung karena butuh waktu yang agak lama. Anggota kita standby di lapangan mengawasi pembongkaran itu hingga tuntas," kata Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana kepada Serambi, Sabtu (13/2/2019).

Dikatakan, kondisi di lapangan kemarin berlangsung kondusif dan tidak ada lagi kerumunan massa.

Namun, sebagian warga masih yang mengawasi pembongkaran barak yang belum tuntas itu.

BERITA TERKAIT

Semua aset perusahaan nanti akan diangkut ke gudang PT EMM di luar wilayah Beutong Ateuh Banggalang dengan dikawal anggota TNI.

Proses pembongkaran barak PT EMM di Beutong Ateuh, Nagan Raya. SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Proses pembongkaran barak PT EMM di Beutong Ateuh, Nagan Raya. SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI (Serambi Indonesia/Sadul Bahri)

Untuk pembongkaran peralatan satelit milik PT EMM, lanjut Dandim, masih membutuhkan waktu lama dan tadi (kemarin) teknisi baru didatangkan ke Beutong Ateuh.

"Demi keamanan, anggota kita yang dipimpin Kepala Posramil Beutong Ateuh terus mengawal hingga pembongkaran barak tersebut tuntas," ungkap Letkol Kav Nanak Yuliana.

Baca: Perusahaan Penambangan Emas PT EMM Akhirnya Tinggalkan Beutong Ateuh, Semua Barak Dibongkar

Barak Dibongkar
Sebelumnya perusahaan PT Emas Mineral Murni (PT EMM), Jumat (12/4/2019) akhirnya meninggalkan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, sebagai lokasi tempat penambangan emas di wilayah itu.

Tak hanya meninggalkan daerah itu saja, tetapi pihak perusahaan juga harus mengiklaskan membongkar semua barak di kamp perusahaan yang berada di lintas jalan Beutong-Takengon.

Meninggalkan lokasi tambang dan pembongkaran barak tersebut, merupakan tuntutan warga di daerah itu karena menolak keberadaan PT EMM yang akan mengeruk kekayaan alam yang ada di wilayah tersebut.

Petugas membongkar barak di Kamp Perusahaan PT EMM di lintas jalan Beutong-Takengon, kawasan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Jumat (12/4/2019).
Petugas membongkar barak di Kamp Perusahaan PT EMM di lintas jalan Beutong-Takengon, kawasan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Jumat (12/4/2019). (Istimewa)

Warga yang berada di daerah itu turun ke lokasi guna mendesak pihak perusahaan untuk tidak lagi beraktivitas, sekaligus harus meninggalkan lokasi tersebut untuk tidak kembali lagi selama-lamanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas