Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KKP Ngurah Rai Bali Awasi Penumpang Rute Singapura

KKP Ngurah Rai melakukan pemantauan atau pengawasan penumpang di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah mencegah masuknya virus monkeypox.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in KKP Ngurah Rai Bali Awasi Penumpang Rute Singapura
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dimana ditempatkan thermo scanner untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang, Rabu (16/5/2019). Cegah Virus Monkeypox Masuk Bali, KKP Ngurah Pengawasan Penumpang Rute Singapura. TRIBUN BALI/ZAENAL NUR ARIFIN 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, MANGUPURA - Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ngurah Rai melakukan pemantauan atau pengawasan penumpang di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah dalam upaya mencegah masuknya virus monkeypox.

Pengawasan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat thermo scanner atau pemindai suhu.

Dimana pemindaian tersebut lebih khusus terhadap penumpang dengan rute penerbangan dari Singapura yang tiba ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Terhadap virus monkeypox kita perlu mewaspadainya masuk ke sini (Bali). Kita tempatkan tiga unit thermo scanner di terminal kedatangan Internasional," ungkap Kabid Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan, Putu Alit Sudarma, Rabu (15/5/2019).

Alit Sudarma menyampaikan cara kerja thermo scanner ini mendeteksi suhu tubuh seseorang, dan jika penumpang dengan suhu tubuh tidak normal lebih dari 38 derajat celsius akan terdeteksi.

Langkah selanjutnya akan diambil tindakan lebih lanjut dimana penumpang tersebut akan dibawa di ruang karantina.

BERITA TERKAIT

"Jika penumpang tersebut terindikasi terkena virus monkeypox, kita akan rujuk ke RSUP Sanglah untuk penanganan lebih jauh," imbuhnya.

Pemerintah Singapura mengkonfirmasi kasus pertama penyakit cacar monyet (monkeypox) di negeri itu.

Pemerintah memastikan penyakit langka ini dibawa seorang warga Nigeria berusia 38 tahun yang tiba di Singapura pada 28 April 2019 lalu.

Saat menjalani tes kesehatan, warga Nigeria itu dinyatakan positif terjangkit monkeypox pada Rabu (8/5/2019).

Warga Nigeria itu kini dalam kondisi stabil dan masih dirawat di ruang isolasi di Pusat Penyakit Menular Nasional (NCID).

Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menjelaskan dalam pernyataan resminya, Kamis (9/5/2019).

Cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan virus dan ditularkan ke manusia dari hewan terutama di wilayah tengah dan barat Afrika.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas