Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TNI AU Jelaskan Mengenai Zero Gravity yang Buat Lisensi Terbang Kapten Vincent Dicabut

Lebih lanjut, bentuk manuver yang membahayakan bagi pilot ialah Negative Gravity dan Positif Gravity yang melebihi kemampuan.

Penulis: Grid Network
zoom-in TNI AU Jelaskan Mengenai Zero Gravity yang Buat Lisensi Terbang Kapten Vincent Dicabut
Youtube/Vincent Raditya
Pilot Kapten Vincent Raditya bertemu dengan Marsma TNI Fajar Adriyanto, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (AU) Mabes TNI AU bersama Kolonel (Sus) Muhammad Yuris, Kepala Subdinas Penerangan Umum. 

TRIBUNNEWS.COM - Marsekal Utama (Marsma) Fajar Adriyanto selaku Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) mengatakan jika Zero Gravitybukanlah suatu manuver ekstrim di dunia aviasi.

Dalam video yang diunggah oleh Vincent Raditya, Fajar mengungkapkan hal tersebut.

"Saya lihat penggunaan Zero G (Gravity) itu memang bukan manufer ekstrim,. Itu memang sering terjadi, karenakan pesawat itu pesawat komersil juga kadang-kadang terkena Zero G," kata Fajar.

Mengutip Kompas.com, Jumat (31/5/2019) Fajar juga mengungkapkan jika Zero G sejatinya diajarkan pula ke siswa penerbangan.

 "Ketika Zero G itu sebetulnya kita kayak melayang karena tidak ada daya tarik dari bawah atau dari atas, zero, nol gitu. Sebenarnya tidak membahayakan," kata dia.

Lebih lanjut, bentuk manuver yang membahayakan bagi pilot ialah Negative Gravity dan Positif Gravity yang melebihi kemampuan.

Fajar juga mengatakan sampai saat ini tidak ada aturan yang membahas mengenai penggunaan Zero Gravity.

BERITA TERKAIT

"Jadi ini mungkin peringatan saja dan seenggak nya mungkin kalau diperingatkan sampai mencabut license mungkin harus dibuatkan aturannya juga oleh Kemenhub ya bahwa menerbangkan dengan sengaja zero g itu melanggar. Tapi kan belum ada," ucapnya.

Baca Selengkapnya

Sumber: GridHot.id
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas