Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahasiswi di Lhokseumawe Ditangkap Terkait Kasus Pelecehan Seksual, Ini Perannya

Polisi telah menangkap empat orang yang diduga penyebar informasi hoaks dalam kasus tersebut

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Mahasiswi di Lhokseumawe Ditangkap Terkait Kasus Pelecehan Seksual, Ini Perannya
SERAMBINEWS.COM/SAIFUL BAHRI
Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang memberi keterangan pers terkait tertangkapnya kembali seorang tersangka penyebar informasi hoaks dalam kasus dugaan pelecehan seksual di Pasantren An, Minggu (21/7/2019) 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Saiful Bahri

TRIBUNNEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Penyidik Polres Lhokseumawe menangkap seorang mahasiswi terkait kabar dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Pesantren An Lhokseumawe.

Mahasiswi itu menjadi tersangka pelaku penyebaran berita bohong (hoaks) terkait dugaan kasus  itu.

Polisi telah menangkap empat orang yang diduga penyebar informasi hoaks dalam kasus tersebut.

Diberitakan sebelumnya, oknum pimpinan Pasantren An (singkatan) di Kota Lhokseumawe beserta dengan seorang guru mengajinya (keduanya pria), beberapa waktu lalu telah ditahan di Polres Lhokseumawe.

Keduanya ditahan atas dugaan telah melakukan pelecehan seksual terhadap santri pria (sesama jenis) berumur antara 13-14 tahun.

Baca: Disebut Calon Menteri Jokowi, Putri Mantan Presiden RI Ini Malah Tertawa dan Sebut Terlalu Rendah

Sering waktu berjalan, melalui sejumlah media sosial muncul tulisan yang berisikan kalau pimpinan Pasantren An tidak bersalah.

BERITA TERKAIT

Bahkan, polisi dinilai terlalu memaksakan kasus ini.

Baca: Diajak Pria yang Dikenalnya di Facebook untuk Nongkrong, Anak Di Bawah Umur Jadi Korban Pencabulan

Menurut pihak kepolisan, akibat tersebarnya tulisan tersebut bisa menggiring opini masyarakat, dan ini akan sangat mengganggu proses penyidikan sehingga polisi melakukan pengusutan.

Untuk tahap awal, polisi telah mengamakan tiga orang, yakni Hs (29), petani yang mengupload tulisan tersebut ke facebook, Im (19) mahasiswa yang memposting berita tersebut dalam sebuah grup WhatsApp, dan Na (21), mahasiswi yang memposting ke grup WhatsApp yang materinya diambil dari grup WhatsApp lainnya.

Baca: Disebut Calon Menteri Jokowi, Putri Mantan Presiden RI Ini Malah Tertawa dan Sebut Terlalu Rendah

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kasat Reskrim AKP Indra T Herlambang, dalam konfrensi pers, Minggu (21/7/2019)menyebutkan, dalam pengusutan lanjutan terhadap kasus hoaks ini, pihaknya kembali mengamankan seorang mahasiswi asal Bireuen.

Wanita tersebut berinisial Jm (21).

Sedangkan peran Jm, adalah orang yang pertama kali meneruskan tulisan tersebut ke media sosial hingga terus beredar luas baik di Facebook, whatshapp, dan lainnya.

Sehingga sempat menimbulkan kegaduhan yang berdampak terganggunya proses penyidikan pada kasus dugaan pencabulan tersebut.

Baca: KBRI Tunjuk Kuasa Hukum Dampingi WNI Korban Pemerkosaan Politikus di Malaysia

"Jm mendapatkan tulisan tersebut dari seseorang (DPO) melalui japri WhatsApp. Sehingga Jm menyebarkan melalui grups Whatsh App Bidadari Surga. Selanjutnya tulisan tersebut langsung menyebar luas," katanya.

Dari Jm polisi menyita satu unit handphone dan screenshoot berupa tulisan tersebut.

Untuk Jm sementara ini dibidik dengan Pasal 15 Jo Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidanan subsider Pasal 45A ayat 2 Jo Pasal 28 ayat 2 UU RI nomor 11/2008 sebagaimana telah diubah dengan UU RI nomor 19/2016 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Pelaku diancam hukuman penjara paling lama 10 tahun atau denda paling banyak Rp1 miliar

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Polisi Tangkap Seorang Mahasiswi di Lhokseumawe Terkait Kasus Pelecehan Seksual di Pesantren An

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas