Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nelayan di Cirebon Bakal Raih Program Sejuta Nelayan Berdaulat

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman, belum lama ini meluncurkan program 1 juta nelayan berbasis teknologi 4.0

Nelayan di Cirebon Bakal Raih Program Sejuta Nelayan Berdaulat
Dok. Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman, belum lama ini meluncurkan program 1 juta nelayan berbasis teknologi 4.0.

Program tersebut menyasar di 300 kabupaten/kota yang berada di wilayah pesisir Indonesia, salah satu wilayahnya adalah Kabupaten Cirebon.

Program tersebut memberikan pelatihan bagi 1.000 orang yang terdiri dari nelayan, pengurus koperasi nelayan, pihak tempat pelelangan ikan, petugas, dan pembina nelayan.

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Dedi Miharja, mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak sekretaris daerah dan dinas lingkungan hidup di Kabupaten Cirebon, disebut daerah tersebut memiliki potensi.

Untuk implementasi tersebut, kata Dedi, program tersebut akan segera diimplementasikan di Kabupaten Cirebon, karena beberapa daerah lainnya, di antaranya Lampung, Maluku Utara, dan Kalimantan, telah memberikan sinyal agar program 1 Juta Nelayan Berdaulat segera dilaksanakan.

"Sudah banyak yang antre, kemarin saja kemarin Pak Gubernur Lampung minta segera, kami besok berangkat ke lampung untuk melihat potensi," kata Dedi saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (23/7/2019).

Saat Robert Rene Alberts Menilai Bali United, Begini Kondisi Persib Bandung Saat Ini

Dedi menuturkan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017 tentang kebijakan kelautan, diketahui Indonesia adalah negara maritim yang sangat strategis karena diapit oleh dua benua dan dua samudera, serta
negara terbesar di dunia nomor dua dengan garis pantainya yaitu 108 ribu KM.

Ia mengatakan, 25 persen kemiskinan di Indonesia, kontribusi besarnya berasal dari nelayan, terutama nelayan yang menggunakan kapal 10 GT ke bawah, maka dari itu program tersebut diharapkan mampu melepaskan jerat kemiskinan.

"Keuntungannya, nelayan di Cirebon bisa gunakan aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan. Selain itu masyarakat nelayan pun bisa menjadi informan bila ada illegal fishing atau penyelendupan," katanya.

Murid SD di Cigalontang Tasikmalaya Ini Bertaruh Nyawa Sebrangi Jembatan Rusak

Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, terkait program 1 juta nelayan berdaulat, pihaknya akan segera melakukan pendataan ulang nelayan yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Saya rasa ini bagus, bicara segera kami tidak. Tapi kami merespon karena ini baik untuk nelayan," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Program Sejuta Nelayan Berdaulat akan Didapatkan oleh Nelayan di Cirebon, https://jabar.tribunnews.com/2019/07/23/program-sejuta-nelayan-berdaulat-akan-didapatkan-oleh-nelayan-di-cirebon.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas