Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lima Hari Terapung di Laut Lepas, Endro Minum Air Kencing dan Makan Ikan Hidup-hidup

Korban selamat musibah tenggelamnya KM Pieces GT 93, Endro berhasil selamat.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Lima Hari Terapung di Laut Lepas, Endro Minum Air Kencing dan Makan Ikan Hidup-hidup
Humas Basarnas
Pencarian intensif yang dilakukan jajaran Basarnas dan kapal lainnya terhadap korban kecelakaan Kapal KM Pieces di Selat Makassar membuahkan hasil. Endro, seorang korban ditemukan selamat. 

TRIBUN-BALI.COM, BANJARMASIN - Korban selamat musibah tenggelamnya KM Pieces GT 93, Endro berhasil selamat.

Pria 40 mampu bertahan selama lima hari di laut dengan mengapung menggunakan tempat ikan yang terbuat dari styrofoam.

Endro ditemukan terombang-ambing oleh KM Bunga Tanjung Selanjutnya Endro diserahkan kepada tim penyelamat di pesisir muara Pagatan.

Dilansir dari Tribunbanjarbaru.com, di video rekaman yang diterima dari Basarnas terlihat Endro menceritakan bahwa setelah kapal terbakar dan tenggelam, dirinya dan 31 awak kapal mengapung bersama.

Untuk mengatasi haus, Endro meminum air kencingnya dua kali dalam sehari. Dia pun sempat menangkap seekor ikan dan memakannya.

Oleh karena tak kunjung ada pertolongan, dia mengambil sikap berpencar.

“Setelah empat hari mengapung tidak ada juga bantuan, saya meminta izin kapten untuk berpisah,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya Endro bersama tiga awak lainnya memisahkan diri.

Dalam perjalanan, mereka seperti melihat sebuah pulau.

"Sempat melihat pulau. Namun karena sudah tidak punya kekuatan lagi, saya tidak bisa melanjutkan perjalanan dan hanya pasrah," akunya lagi.

Sementara tiga rekannya terus berupaya mendekati pulau dan berjanji akan mencari bantuan bisa lebih dulu selamat dan berhasil mencari bantuan.

Di tengah kondisinya yang sudah drop, ternyata Endro ditemukan oleh para nelayan lainnya dan langsung mendapatkan pertolongan.

Kepala Pelaksana Harian Basarnas Banjarmasin Endrow Sasmita mengatakan korban KM Pieces yang ditemukan dalam kondisi selamat masih menjalani perawatan.

Untuk menjaga kondisi dari korban yang sedang menjalani perawatan, korban masih belum bisa ditemui oleh para jurnalis dan awak media.

KM Pieces bertolak dari Pekalongan pada Senin (22/7/2019) menuju Selat Makassar untuk mencari ikan.

Namun kapal yang dinakhodai Nasori itu tenggelam saat berada di perairan Tanjung Selatan dekat Pulau Matasiri, Kepulauan Sembilan, Kotabaru Kalimantan Selatan.

Kejadian ini baru diketahui Basarnas beberapa hari kemudian, tepatnya pada Rabu (31/7/2019), setelah mendapat laporan KM Bintang Mas Delima yang menemukan sejumlah korban.

Selama lima hari di laut lepas, korban selamat musibah tenggelamnya KM Pieces GT 93 bertahan hidup mengapung menggunakan tempat ikan yang terbuat dari Styrofoam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com https://regional.kompas.com/read/2019/08/04/14081301/kisah-endro-selamat-setelah-mengapung-5-hari-dan-minum-air-kencing-hingga?page=all.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas