Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Empat Poin dari Bupati Eltinus kepada Para Mahasiswa Mimika yang Menimba Ilmu di Luar Papua

Empat poin imbauan dari Bupati Mimika kepada para mahasiswa asal Mimika, Papua terkait menimba ilmu di sejumlah daerah di Indonesia

Empat Poin dari Bupati Eltinus kepada Para Mahasiswa Mimika yang Menimba Ilmu di Luar Papua
Tribun Jatim/Sofyan Arif Candra Sakti
Aksi unjuk rasa mahasiswa Papua di Jalan Pemuda, Surabaya, Sabtu (1/12/2018) 

TRIBUNNEWS.COM - Menyikapi mahasiswa Papua yang pulang kampung ke Jayapura dan sekitarnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta kepada seluruh mahasiswa Papua asal Mimika tetap melanjutkan perkuliahan di tempat studi sebagaimana biasanya sampai selesai.

Eltinus menegaskan tidak ada pemulangan bagi mahasiswa Papua asal Mimika yang sedang menimba ilmu pendidikan di pulau Jawa, Makassar maupun Manado.

Baca: Viral Video Kawanan Perampok Satroni Rumah Makan di Bogor, Ini Sejumlah Faktanya

Berikut empat poin imbauan yang diterbitkan Bupati Mimika, pada Selasa (10/9/2019).

Pertama, mengimbau kepada seluruh Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus dari seluruh Mahasiswa pulau Jawa, Bali, Makasar dan Manado dan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat studi sebagaimana biasanya sampai selesai.

Kedua, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di Perguruan tinggi di Papua, akibatnya dapat mengganggu perkuliahan selanjutnya.

Baca: Kelanjutan Kasus Anjing Serang ART Hingga Tewas, Polisi Tunggu Pendapat Ahli Hukum

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Mimika tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika yang pulang ke Mimika ataupun kembali ke kota Studi sehubungan dengan permasalahan dimaksud.

Keempat, Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Mimika ditempat masing-masing dan apabila terjadi hak-hal yang mengintimidasi Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika dalam proses perkuliahan selanjutnya, maupun aktivitas lainnya sebagaimana biasanya agar segera melaporkannya kepada Bupati Mimika atau kepada pihak yang berwajib setempat.

Pulang kampung karena terprovokasi

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, sebenarnya mahasiswa yang ingin pulang karena terprovokasi dengan isu yang beredar ditempatnya masing-masing.

Pemkab Mimika akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah di masing-masing tempat studi untuk menjamin keselamatan dan keamanan mahasiswa Papua khsususnya yang berasal dari Mimika.

Halaman
1234
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas