Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jarak Pandang 500 Meter Akibat Asap, 78 penumpang Pesawat Express Air Batal Diterbangkan

Penumpang yang batal berangkat dapat memaklumi kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk terbang pesawat demi keselamatan penerbangan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Jarak Pandang 500 Meter Akibat Asap, 78 penumpang Pesawat Express Air Batal Diterbangkan
TribunKaltim.Co/Febriawan
Suasana dan kondisi para penumpang Pesawat di Bandara Melalan Kabupaten Kutai Barat yang tertunda keberangkatannya akibat kabut asap dari dampak kebakaran hutan, Kamis (12/9/2019) sore 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Febriawan

TRIBUNNEWS.COM, KUTAI BARAT –  Sebanyak 78 penumpang pesawat Express Air tujuan Kutai Barat ke Balikpapan  dan  Kutai Barat–Samarinda, Kamis (12/9/2019) batal berangkat.

Pesawat ini berada Bandara Melalan Kutai Barat atau Kubar, Provinsi Kalimantan Timur.

Jarak pandang di Bandara Melalan di bawah satu kilometer, akibat tertutup kabut asap, diduga dari dampak kebakaran hutan. 

Sebelumnya pihak bandara telah menggeser waktu kebarangkatan maskapai dari pukul 13.15 Wita untuk tujuan Kubar - Balikpapan, serta Samarinda  pukul 14.20 wita ke pukul 17 .00 wita.

Namun karena kondisi kabut asap hingga sore belum berkurang pihak bandara pun membatalkan seluruh jadwal penerbangan hari ini.

“Jarak pandang di bandara hingga sore ini masih 500 Meter, kondisi ini sangat membahayakan penerbangan,” tegas Kepala Bandara Melalan Kubar, Sumarianto, saat dikonfimasi pukul 17.30 Wita.

Baca: Peringatan Dini BMKG Besok Jumat, 13 September 2019: Waspada Wilayah Kebakaran Hutan & Angin Kencang

BERITA TERKAIT

Ia menuturkan puluhan penumpang yang akan berangkat dari bandara Melalan terpaksa harus merelakan tidak bisa terbang akibat udara tertutup kabut asap.

Penumpang yang batal berangkat dapat memaklumi kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk terbang pesawat demi keselamatan penerbangan.

Dia menjelaskan, rencananya puluhan  penumpang ini akan diangkut terbang pada pukul 13.15 Wita untuk tujuan Kubar - Balikpapan, serta pukul 14.20 wita untuk tujuan Kubar – Samarinda.

Namun karena asap masih belum aman dan membahayakan penerbangan, maka pihaknya melakukan penundaan hingga pukul 17.00 Wita. Dengan harapan pada pukul 17.00 sore ini cuaca stabil.

Akan tetapi hingga pukul 17.00 sore tadi, kabut asap tebal masih menyelimuti bandara sehingga pihaknya harus membatalkan jadwal penerbangan, demi keselamatan.

Baca: Moeldoko Sebut PLTA Sungai Kayan Dapat Mendukung Pasokan Listrik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Pembatalan terbang pesawat ini selanjutnya dijadwalkan ulang dengan melihat perkembangan jarak pandang di udara dan pemulangan puluhan penumpang menjadi kewenangan maskapai.

Diakui kabut asap yang menyelimuti Kubar dan sekitarnya hari ini, cukup mengkhawatirkan, pasalnya kondisi kabut asap yang mulai muncul pada pagi, siang, hingga sore dan malam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas