Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Foto-foto: 771 Jamaah Haji Kaltara Tertahan di Balikpapan, Akibat 10 Penerbangan Terganggu Asap

Sejatinya jamaah haji dari semua daerah di Kalimantan Utara diterbangkan dari Balikpapan ke Tarakan pagi tadi.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Foto-foto: 771 Jamaah Haji Kaltara Tertahan di Balikpapan, Akibat 10 Penerbangan Terganggu Asap
Muhammad Arfan/Tribun Kaltim
Jemaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara yang masih tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (15/9/2019). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Sebanyak 771 jamaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara saat ini masih tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (15/9/2019).

Pasalnya, pesawat udara yang dijadwalkan menerbangkan jamaah haji yang pulang dari Tanah Suci Mekah menuju daerahnya masing-masing sementara waktu tidak bisa terbang akibat kabut asap yang menyelimuti Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Baca: Diisengi Pakai Benda Ini, Raffi Ahmad Ngamuk Usir Lucinta Luna dari Ruangan Syuting

Baca: Guru Paud di Cilacap Lahirkan Bayi Kembar Tiga Secara Normal, Kondisinya Prematur Harus Diinkubator

Baca: Sepasang Kekasih Remaja Akan Berkemah di Danau Toba, Namun Kenyataanmya Sungguh Tragis

Sejatinya jamaah haji dari semua daerah di Kalimantan Utara diterbangkan dari Balikpapan ke Tarakan Minggu pagi.

jamaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara
jamaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara saat ini masih tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (15/9/2019).

Dengan jadwal jamaah Kabupaten Bulungan pukul 10.15 Wita, jamaah haji Kota Tarakan pukul 10 Wita, jamaah haji Kabupaten Tana Tidung pukul 10.00 Wita.

Adapun jamaah haji asal Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan baru tiba hari ini dari Tanah SUci dan rencananya akan diberangkatkan ke Tarakan Senin (16/9/2019) esok.

"Saat ini jamaah haji yang sudah datang dari Tanah Suci, ada di bandara semua. Akan tetapi semua delay. Mereka menunggu sampai sore nanti," sebut Kepala Seksi Pembinaan Haji Kanwil Kemenag Kalimantan Utara H Muhammad Aslam melalui pesan WhatsApp-nya kepada Tribunkaltim.co, Ahad (15/9/2019).

BERITA REKOMENDASI

Jika kondisi kabut asat tidak mereda dan pesawat tidak diterbangkan, jamaah haji terpaksa akan dikembalikan ke asrama haji Balikpapan.

"Informasinya kalau tidak jadi berangkat, khusus jamaah haji Bulungan akan pulang ke Bulungan dari Balikpapan melalui jalur darat. Tetapi saya belum konfirmasi ke Kemenag Bulungan," ujarnya.

Sedang laporan Pos Angkatan Udara Tanjung Selor mencatat sementara ini terdapat 10 jadwal penerbangan di Kalimantan Utara yang terdampak kabut asap.

jamaah haji kloter 14 dan kloter tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman
Jemaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara saat ini masih tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (15/9/2019).

Lima rute Lion Air mengalami delay atau keterlambatan yakni JT-673 Tarakan-Balikpapan, JT-267 Tarakan-Surabaya, JT-739 Tarakan-Makassar, JT-675 Tarakan-Balikpapan, JT-28 Surabaya-Tarakan.

Satu lainnya, JT-626 Jakarta-Tarakan terpaksa mendarat di bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan.

Lalu maskapai Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-160 rute Tarakan-Balikpapan juga mengalami delay. Maskapai Batik Air dengan nomor penerbangan ID-7271 rute Halim Perdanakusumah-Balikpapan-Tarakan juga terpaksa delay.

Maskapai Trans Nusa TNU-771 rute Balikpapan-Tarakan juga delay. Dan Wings Air IW-1458/1459 rute Tarakan-Nunukan mengalami cancel flight atau pembatalan penerbangan. 

Jamaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara sa
Jamaah haji kloter 14 dan kloter 15 dari Kalimantan Utara saat ini masih tertahan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (15/9/2019).
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas