Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Tanggapan Haedar Nashir Soal Demo Mahasiswa yang Makin Masif di Berbagai Tempat

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau agar semua masyarakat menahan diri

Editor: Sugiyarto
zoom-in Ini Tanggapan Haedar Nashir Soal Demo Mahasiswa yang Makin Masif di Berbagai Tempat
Tribunnews.com/Gita Irawan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau agar semua masyarakat menahan diri dan tetap menjaga suasana kehidupan kebangsaan yang aman, damai, berkeadaban mulia, dan menjunjung tinggi keutuhan bangsa.

Pernyataan Haedar ini menyikapi perkembangan situasi terkini yang berkaitan dengan masifnya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Pihaknya menghargai aksi mahasiswa Indonesia yang secara murni memperjuangkan aspirasi rakyat berkaitan dengan Undang-Undang KPK hasil revisi dan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang kontroversial seperti RUU KUHP, Pertanahan, Minerba, dan lain-lain sebagai wujud panggilan nurani kecendekiaan selaku insan kampus.

Haedar berpesan kepada aparat kepolisian dan keamanan hendaknya menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan tidak melakukan tindakan-tindakan represif atau kekerasan dalam bentuk apapun sehingga semakin tercipta suasana yang kondusif.

Tegakkan hukum dan ketertiban dengan benar, adil, objektif, dan moral yang tinggi.

"Hormati tempat ibadah dan ruang publik agar tetap terjaga dengan baik. Para pejabat negara dan elite bangsa hendaknya mengedepankan sikap yang positif dan seksama serta tidak melontarkan opini-opini atau pendapat yang dapat memanaskan suasana," tambahnya.

Selain itu, Haedar menyebut, media sosial hendaknya dijadikan sarana interaksi hidup damai dan keluhuran akal budi sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang relijius dan berkeadaban luhur, serta tidak dijadikan media menyebarkan hoaks dan segala bentuk provokasi yang dapat merugikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di negeri tercinta ini. (TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Tanggapi Aksi Demo, Haedar Nashir Imbau Semua Pihak Menahan Diri, https://jogja.tribunnews.com/2019/09/25/tanggapi-aksi-demo-haedar-nashir-imbau-semua-pihak-menahan-diri.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas