Tribun

Pariwisata Nusa Penida Berkontribusi pada Peningkatan Sektor Wisata di Provinsi Bali

Koster mengungkapkan ada upaya khusus dalam penganggaran peningkatan infrastruktur Kabupaten Klungkung

Editor: Eko Sutriyanto
Pariwisata Nusa Penida Berkontribusi pada Peningkatan Sektor Wisata di Provinsi Bali
dok Tribun Bali
I Wayan Koster 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Pesatnya perkembangan daerah wisata Kepulauan Nusa Penida mendapatkan apresiasi Gubernur Bali I Wayan Koster.

Saat membuka perayaan Nusa Penida Festival (NPF) ke – 5 di pantai Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, ia mengapresiasi  Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

“Tanpa Nusa Penida, Bali tidak akan meningkat dari sektor pariwisatanya. Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada Bupati Klungkung atas keberhasilan membangun Klungkung, khususnya Nusa Penida,” ujar Koster di Bali belum lama ini.

Koster mengungkapkan ada upaya khusus dalam penganggaran peningkatan infrastruktur Kabupaten Klungkung.

"Jangankan dianggara, dalam perencanaan saja tidak ada. Tapi karena kecintaan saya terhadap Klungkung saya melakukan lobby  ke sejumlah Kementerian terkait dan dapat masuk kedalam anggara 2020 oleh APBN dan APBD Bali,” katanya.

Upaya dalam peningkatan infrastruktur di Klungkung ini salah satunya juga adalah dalam misi pelestarian budaya.

Baca: Pengakuan Mengejutkan Ladyboy Cipanas saat Disewa WNA Timur Tengah di Vila

"Kami akan mendirikan pusat kebudayan di Klungkung khususnya di Nusa Penida ini adalah tempat spiritual yang sangat kuat, yang jika kita bangun dengan serius dia akan menjadi magnet bagi Wisatawan Mancanegara,” kata Koster.

Saat ditanya apa langkah konkirit apa yang akan Gubernur lakukan dalam merealisasikan janjinya tersebut, Koster menjawab, yang pertama dijalankan adalah infrastruktur laut.

"Kami kembangkan dermaga segitiga emas yakni yang akan menghubungkan Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan akan mulai berjalan 2020. Saat ini proses perancangan desin” jelasnya. “Jika dermaga ini sudah siap, maka selanjutnya infrastrukur darat akan lebih mudah dibangun “ lanjutnya.

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta, berterimakasih atas atensi yang diberkan Gubernur Bali mengatakan, segara merampungkan Master Plan Pembangunan Nusa Penida yang sudah tahap final membahas Zonasi Pariwisatanya.

Baca: Kemendikbud Tetapkan 267 Warisan Budaya Takbenda

Menurut Suwirta, meningkatnya perkembangan wisata Nusa Penida tidak terlepas dari peran Festival – festival yang diadakan di Nusa Penida, peningkatan insfrastruktur pun menjadi prioritas Suwirta.

“Sejak 5 Tahun terakhir, sudah 70% seluruh jalan di Nusa Penida teraspal dan masih terus berkembang," katanya.

Suwirta mengajak masyarakat Nusa Penida agar tetap menjaga budaya dan kearifan lokal di wilayahnya dengan terus memanfaatkan potensi pada sektor lain.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Nusa Penida, agar tidak terlena pada Pariwisata saja. Banyak potensi Nusa Penida yang luar biasa seperti budi daya rumput laut, perternakan dan Perikanan,” katanya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas