Tribun

Kebakaran Hutan dan Lahan

Wisata Kawah Putih Dibuka Lagi Setelah 11 Kali Pengeboman Air dari Udara

Sabtu (12/10/2019) pukul 15.00 WIB, objek wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Wisata Kawah Putih Dibuka Lagi Setelah 11 Kali Pengeboman Air dari Udara
Tribunjabar/Gani Kurniawan
Emak-emak yang biasa berjualan di kawasan wisata Kawah Putih mengamati kebakaran lahan di sekitar Kawah Putih, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019). Kebakaran yang terjadi sejak kemaren, Senin (7/10/2019) itu, saat ini sedang dalam pencegahan dengan membuat sekat agar api tidak terus melebar. Sementara objek wisata tersebut sementara ditutup untuk wisatawan. Tribunjabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Helikopter water bombing M‑171 berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kawah Putih, Jumat (11/10/2019).

Pendinginan yang dilakukan membutuhkan 11 kali pengeboman air dari udara.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, mengatakan setelah dilakukan pemadaman secara optimal sejak Kamis (10/10/2019), kebakaran di Kawah Putih baru padam Jumat (11/10/2019).

Baca: Barbie Kumalasari Jingkrak-jingkrak Tahu Tas LV Dibeli di Singapura Terbukti Asli, Uya Kuya Kaget

"Baru bisa optimal di Kawah Putih itu hari Jumat setelah 11 kali bombing, drop air ke Kawah Putih dari Situ Patengan," kata Akhmad saat menggelar konferensi pers di Lanud Sulaiman, Margahayu, Sabtu (12/10/2019).

"Alhamdulillah sampai tadi pagi setelah dilihat dari foto udara dan dipastikan juga dengan operasi darat oleh TNI, Polri dan masyarakat dan relawan Alhamdulillah sampai saat ini Kawah Putih sudah padam," kata dia.

Bahkan Adjo, sapaan akrab Kepala BPBD Kabupaten Bandung itu, mengatakan, Sabtu (12/10/2019) pukul 15.00, objek wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Namun demikian masih ada area‑area yang ditutup seperti Sunan Rama dan Sunan Ibu karena masih rawan.

"Imbauan sebaiknya pengelola membuat imbauan lanjutan, selain tiket masuk pengelola diharapkan dapat memberikan stiker‑stiker yang bisa disampaikan kepada pengunjung tentang bahaya kebakaran. Jangan sampai mereka menyulut sampah, bermain api karena ini berbahaya dan merugikan kita semua," katanya.

Baca: Fransiska Nyaris Tewas Coba Bunuh Diri Setelah Tahu Suaminya Punya Wanita Idaman Lain

Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, kemarin juga mengatakan, wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka kembali dan dinyatakan aman.

"BPBD sudah menyatakan aman, Objek Wisata Kawah Putih bisa dibuka kembali," kata Indra.

Meski sudah dinyatakan aman, pengunjung yang datang ke Kawah Putih tidak boleh melebihi batas yang dipasang petugas.

Anggota TNI mengamati kebakaran lahan di sekitar Kawah Putih, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019). Kebakaran yang terjadi sejak kemaren, Senin (7/10/2019) itu, saat ini sedang dalam pencegahan dengan membuat sekat agar api tidak terus melebar. Sementara objek wisata tersebut sementara ditutup untuk wisatawan. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Anggota TNI mengamati kebakaran lahan di sekitar Kawah Putih, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019). Kebakaran yang terjadi sejak kemaren, Senin (7/10/2019) itu, saat ini sedang dalam pencegahan dengan membuat sekat agar api tidak terus melebar. Sementara objek wisata tersebut sementara ditutup untuk wisatawan. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Untuk kebakaran di Gunung Puncak Mega Malabar, tim gabungan Satgas Karhutla Kabupaten Bandung akan mulai fokus malam ini untuk melakukan pemadaman.

"Malabar sesuai hasil rapat tadi kami akan fokus malam ini. Tim darat akan mulai bergerak dan besok pagi bahkan sore ini tim udara heli water bombing terus bekerja untuk melakukan penyiraman‑penyiraman air ke titik‑titik api," ujar Adjo.

Baca: Panglima Kodam XIV Hasanuddin Pastikan Kolonel Hendi Dipenjara 14 Hari Usai Sidang Disiplin

Menurutnya masih ada 3 titik api di lereng Gunung Malabar yang belum padam.

Jadi mulai malam nanti tim gabungan Satgas Karhutla akan fokus pemadaman di Malabar.

"Karena waktu tanggap darurat dari tanggal 8‑14 Oktober, jadi masih ada waktu sampai hari Senin. Jadi dari sisa waktu ini akan kami maksimalkan baik tim udara maupun tim barat sehingga dapat dipastikan api benar‑benar padam," kata Adjo. (mumu mujahidin)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Wisata Kawah Putih Sudah Dibuka Lagi Setelah Dibom 11 Kali oleh Helikopter

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas