Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

54 Rumah Warga di Karanganyar Rusak Akibat Angin Kencang

Data sementara dari BPBD Karanganyar tercatat ada sekitar 54 rumah warga yang terdampak angin kencang yang terjadi sejak kemarin pagi hingga malam.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 54 Rumah Warga di Karanganyar Rusak Akibat Angin Kencang
Tribunjateng.com/Agus Iswadi
Anggota BPBD Karanganyar dibantu warga dan relawan saat memangkas pohon tumbang di Kecamatan Ngargoyoso, Senin (21/10/2019). Tribunjateng.com/Agus Iswadi 

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR - Puluhan rumah warga di lima kecamatan mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Karanganyar, Minggu (21/10/2019) kemarin.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, angin kencang yang terjadi di Kecamatan Jatiyoso, Ngargoyoso, Jenawi, Tawangmangu dan Karangpandan mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Data sementara dari BPBD Karanganyar tercatat ada sekitar 54 rumah warga yang terdampak angin kencang yang terjadi sejak kemarin pagi hingga malam.

Baca : Inikah Daftar Menteri Jokowi 2019 - 2024?Ada 2 Kelahiran Sumut di Kabinet Kerja Jilid 2, Bukan Luhut

Baca : 1 Sosok Ini Tak Kuasa Tolak Perintah Jokowi Jadi Menteri, Sebenarnya Lebih Suka Tetap Kepala Daerah

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko menyampaikan, data sementara rumah yang terdampak angin kencang terjadi di 5 kecamatan yakni Kecamatan Ngargoyoso, Jenawi, Jatiyoso, Karangpandan dan Tawangmangu.

Kondisi jaringan listrik PLN UP3 Malang 3 pasca diterjang angin kencang di Kecamatan Bumiaji
Kondisi jaringan listrik PLN UP3 Malang 3 pasca diterjang angin kencang di Kecamatan Bumiaji (Istimewa)

"Itu data sementara, dampak angin kencang terjadi di 5 kecamatan. Ini anggota dibagi tiga tim dan menyebar ke masing-masing kecamatan. Pertama mendata dulu, mengirim logistik, dan sebagian ikut kerja bakti mengevakuasi pohon tumbang yang terdampak di rumah warga," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (21/10/2019).

BERITA TERKAIT

Ia menyampaikan, kerusakan paling banyak atap rumah warga kabur akibat terjangan angin kencang, Selain itu ada pula atap rumah warga yang tertimpa pohon.

"Kerugiannya belum tahu, masih didata," terangnya.

Rumah rusak terdampak angin kencang di Batur Banjarnegara.
Rumah rusak terdampak angin kencang di Batur Banjarnegara. (Istimewa)

Dalam mengantisipasi peralihan musim pihaknya berkoordinasi dengan Dishub PKP Karanganyar dan Pemerintah Desa untuk melakukan pemangkasan pohon yang sudah tua dan rimbun.

"Kita sosialisasikan kepada masyarakat terkait persiapan pergantian musim. Seperti pemangkasan pohon yang sekira sudah tua dan rimbun," tutur Kalakhar BPBD Karanganyar.

Setelah dilakukan pendataan rumah warga yang terdampak angin kencang, selanjutnya akan dimasukkan ke data base penerimaan Bantuan Sosial (bansos) dari Pemkab Karanganyar.

Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (20/10/2019 pukul 19.30 WIB. BPBD Kota Malang melaporkan satu orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka akibat peristiwa ini dan mengalami gangguan saluran pernafasan.
Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (20/10/2019 pukul 19.30 WIB. BPBD Kota Malang melaporkan satu orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka akibat peristiwa ini dan mengalami gangguan saluran pernafasan. (BNPB)

Secara terpisah Camat Tawangmangu, Rusdianto mengatakan, di wilayah Tawangmangu ada rumah warga yang terdampak angin kencang, akan tetapi sampai saat ini ia belum menerima laporan jumlah detail rumah warga yang terdampak angin kencang.

"Jumlahnya berapa belum menerima laporan. Tapi ada satu rumah warga roboh di daerah Blumbang. Robohnya sekira pukul 19.30. Rumah terbuat dari kayu. Ini beberapa warga sedang kerja bakti," paparnya. (Ais)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Kencang yang Melanda Sejumlah Wilayah di Karanganyar

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas