Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KCIC Benarkan Kebakaran Pipa Pertamina Terjadi di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

PR & CSR Manager PT KCIC Deni Yusdiana membenarkan kebakaran itu terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
zoom-in KCIC Benarkan Kebakaran Pipa Pertamina Terjadi di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
(KOMPAS.COM/AGIE PERMADI)
Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api di pipa minyak pertamina yang terbakar di Jalur KCIC. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) memberi keterangan terkait kebakaran pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang yang berlokasi di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi, Km 130 Cimahi-Pasir Koja.

PR & CSR Manager PT KCIC Deni Yusdiana membenarkan kebakaran itu terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"Insiden itu terjadi pada proyek KCJB untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB," kata Deni kepada Tribunnews.com, Selasa (22/10/2019).

Dia melanjutkan, pihaknya tengah mengirim tim untuk investigasi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran tersebut. Investigasi itu dilakukan bersama pihak berwenang dan PT Pertamina selaku pemilik aset.

"Prioritas yang saat ini dilakukan adalah menjamin keamanan di sekitar lokasi yang dilakukan oleh kontraktor KCJB dibantu Pertamina dan pihak yang berwenang. Saat ini aktivitas tengah fokus pada pemadaman dan pengamanan lokasi kejadian," jelas dia.

Baca: Kronologi Kebakaran Pipa Pertamina di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Cimahi, 1 Korban Tewas

Baca: Pipa di Tol Padalarang Terbakar, Pertamina: Pasokan BBM di Bandung dan Sekitarnya Aman

Proyek KCJB menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas insiden yang terjadi.

"Kami berkomitmen agar semua pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor KCJB senantiasa memperhatikan aspek safety, quality, dan time delivery sebagai prioritas untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur transportasi koridor Jakarta – Bandung," ujar dia.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya diberitakan, Kebakaran terjadi di wilayah Melong Mancong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2018).

Menurut laporan Tribun Jabar, api terlihat sekira pukul 14.02 WIB. Asap hitam membubung tinggi hingga ratusan meter. Terdengar juga ledakan di lokasi kebakaran.

Sementara pihak Pertamina membenarkan pipa bahan bakar minyak (BBM) menuju Terminal BBM di pinggir jalan Tol Padalarang, Jawa Barat adalah milik perseroan.

Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan pihaknya saat ini fokus melakukan penanganan pipa di Tol Padalarang.

“Kejadian tersebut terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang - Buah Batu KM 130,” ucap Dewi, Selasa (22/10/2019).

Dewi menjelaskan aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan. Perusahaan pelat merah ini mengaku sudah berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat untuk proses pemulihan.

Rekayasa Lalu lintas

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas