Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menhub Budi Karya Sumadi Targetkan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Selesai Sebelum Tahun Baru 2020

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan operasional KA Bandara Adi Soemarmo segera selesai sebelum tahun baru 2020.

Menhub Budi Karya Sumadi Targetkan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Selesai Sebelum Tahun Baru 2020
Kompas.com/LABIB ZAMANI
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akan beroperasi sebelum tahun baru 2020.

Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan jalur Kereta Api Bandara dari Stasiun Balapan Solo hingga Stasiun Bandara Adi Soemarmo sudah mengalami kemajuan mencapai 94 persen.

"Saya tadi sudah melakukan pengecekan konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah lagi. Dan, kita akan selesaikan di pertengahan Desember 2019 dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru," katanya saat berada di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).

Kementerian Perhubungan berharap dengan beroperasinya Kereta Bandara Adi Soemarmo ini, masyarakat yang berada di sekitar Solo Raya yang ingin ke Bandara Adi Soemarmo dapat memanfaatkan kereta api tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI) (Kompas.com/LABIB ZAMANI)

"Bagi yang menggunakan bus dari Wonogiri dan sebagainya bisa berhenti di Terminal Tirtonadi dan bisa langsung naik kereta api bandara," kata Budi, seperti dikutip dari Kompas.com (3/11/2019).

Nantinya setelah Kereta Api Bandara ini beroperasi, jarak tempuh dari Stasiun Balapan ke Bandara Adi Soemarmo dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

"Harapannya penumpang bisa menggunakan ini dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit," kata Budi Karya Sumadi.

Total jalur kereta bandara antara Stasiun Solo Balapan hingga Bandara Adi Soemarmo mempunyai panjang hingga 13,5 kilometer.

Jalur tersebut akan dibagi menjadi 2 segmen, segmen pertama akan sepanjang 3,5 km yang menjadi jalur kereta eksisting, lalu segmen kedua mempunyai panjang 10 km akan menjadi jalur kereta api baru.

Tarif Kereta Api Bandara Adi Soemarmo, sementara akan dikenakan RP 10 ribu sampai Rp 15 ribu.

Halaman
12
Penulis: Nuryanti
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas