Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Kronologi Kerusuhan yang Menewaskan Anggota Brimob Polda Riau yang Bertugas di Yahukimo

‎Kerusuhan terjadi di seputaran Pasar Lama, Yahukimo, Papua, Rabu (18/12/2019).

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sugiyarto
zoom-in Ini Kronologi Kerusuhan yang Menewaskan Anggota Brimob Polda Riau yang Bertugas di Yahukimo
istimewa
Brigpol Hendra Saut Sibarani, Anggota Brimob Polda Riau yang tewas dikeroyok massa di Yohukimo, Papua, Rabu (18/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - ‎Kerusuhan terjadi di seputaran Pasar Lama, Yahukimo, Papua, Rabu (18/12/2019).

Akibatnya, ‎seorang anggota Brimob Polda Riau BKO Polda Papua Brigpol Hendra Saut Sibarani meninggal dunia.

Dua anggota Polri lainnya, Nikolaus Ribo Situr dan Bripda Agustinus Nabu mengalami luka di bagian telinga sebelah kanan akibat lemparan batu dari masyarakat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes M Kamal memyayangkan peristiwa ini. Kasus telah ditangani oleh Polres Yahukimo.

"‎Pasca kejadian penyerangan situasi di Kabupaten Yahukimo sudah aman dan kondusif. Personel gabungan terus melakukan patroli mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Kamal dalam keterangannya Kamis (19/12/2019).

M Kamal mengimbau seluruh masyarakat khususnya ‎di Kabupaten Yahukimo tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu yang tidak benar.

BERITA REKOMENDASI

Untuk diketahui kejadian bermula saat anggota piket jaga di Polres Yahukimo sedang menyelesaikan kesalahpahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat Lolat.

Saat penyelesaian berjalan, ada pemuda yang buang air kecil disamping penjagaan Polres Yahukimo.

Melihat itu, anggota penjagaan langsung menegur pemuda tersebut‎. Tidak terima, pemuda itu membalas dengan makian ke anggota penjaga.

Selanjutnya terjadi pertengkaran mulut antara anggota penjaga dengan pemuda. Pemuda memanggil masyarakat sekitar kemudian menyerang penjagaan Polres Yahukimo.

‎Massa bersikap brutal meski petugas penjagaan berusaha menenangkan. Kepala SPKT Bripka Toniwi Pareme dipukul warga, anggota lainnya dilempari batu.

Akhirnya masyarakat bisa ditenangkan setelah anggota di Polres Yahukimo turun melerai dan menyuruh mereka kembali ke rumah.

Usai kejadian, anggota mencari pelaku yang telah memukul dan melempari anggota penjagaan. namun anggota yang melakukan ‎pencarian malah diserang warga di seputaran Pasar Lama.

Seketika itu juga, anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke arah udara.‎ Tidak terima, masyarakat kembali menyerang hingga melakukan pembakaran pada dua kendaraan yang melintas di seputaran Kompleks Ruko Blok B.

Personel Brimob Polda Riau BKO Polda Papua Brigadir Hendra Saut Sibarani yang melintas di pemukiman jalur 1 hendak ke Pos Brimob dianiaya sekelompok warga di depan Toko Cahaya Yahukimo.

Pasca kejadian Brigadir Hendra Saut Sibarani dan anggota Polri lain yang mengalami penganiayaan dibawa ke RSUD Dekai menggunakan mobil patroli Polsek untuk mendapat pertolongan medis.

Sesampainya di RS‎UD Dekai, Brigadir Hendra Saut Sibarani dinyatakan meninggal dunia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas