Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mentan Lepas Ekspor Sayur Asal Jawa Barat ke Berbagai Negara

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor sayur dan umbi asal Jawa Barat yang diproduksi PT Alamanda Sejati Utama di Banjaran

Mentan Lepas Ekspor Sayur Asal Jawa Barat ke Berbagai Negara
istimewa
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor sayur dan umbi asal Jawa Barat yang diproduksi PT Alamanda Sejati Utama di Banjaran, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor sayur dan umbi asal Jawa Barat yang diproduksi PT Alamanda Sejati Utama di Banjaran, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/1/2020).

Sayur mayur ini diekspor ke sejumlah negara di Asia seperti Singapura, Tiongkok, Hong Kong, dan Korea Selatan.

"Nilai transaksi yang dihasilkan dalam lalu lintas ekspor tersebut mencapai 4,17 miliar. Ini merupakan bukti bahwa mengelola pertanian itu tidak ada ruginya."

"Apalagi Tuhan telah menitipkan alam yang luar biasa bagus kepada bangsa Indonesia," ujar Syahrul, Sabtu sore.

"Dan inilah kita hari ini. Saya berharap Bandung menjadi lokasi pertanian terbaik yang menyediakan segala macam komoditas baik untuk lokal maupun ekspor," katanya.

Di Bandung, Syahrul juga melihat adanya potensi besar yang bisa dioptimalkan masyarakat sekitar untuk mendukung program nasional dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Maka itu, lanjut Syahrul, mengelola pertanian harus dilakukan secara serius dan terbuka bagi semua orang.

"Memang yang paling penting dan paling subtansi dalam pertemuan ini adalah meyakinkan diri kita bahwa pertanian itu merupakan pilihan yang tepat. Tapi, mengurus pertanian tidak boleh pura pura dan tidak boleh bohong bohong. Semua harus serius," katanya.

Mentan Lepas Impor Sayur di Banjaran
(istimewa)

Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan menambahkan bahwa sektor pertanian di wilayah kerjanya memiliki potensi yang sangat besar, terutama untuk komoditas sayur mayur dan buah-buahan.

"Bahkan potensi kami bukan hanya untuk kebutuhan lokal, namun juga sasaran ekspor. Adapaun lahan yang ada di sini sebagian besar ditanami sayur, buah dan juga lahan pertanian lainya seperti padi. Yang jelas Bandung memiliki potensi yang harus ditingkatkan," katanya.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas