Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Kera Ekor Panjang di Gunung Tidar Turun ke Permukiman Warga Cari Makan

Puluhan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) di Gunung Tidar, Kota Magelang, turun ke permukiman warga.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Puluhan Kera Ekor Panjang di Gunung Tidar Turun ke Permukiman Warga Cari Makan
Tribun Jogja/Rendika Ferri Kurniawan
Puluhan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) di Gunung Tidar, Kota Magelang, turun ke permukiman warga, Jumat (17/1/2020). Kera-kera itu turun, diduga karena persediaan makanan yang menipis. 

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Puluhan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) di Gunung Tidar, Kota Magelang, turun ke permukiman warga.

Kera-kera itu turun, diduga karena persediaan makanan yang menipis. Sementara jumlah mereka terus bertambah banyak.

"Kerap terlihat kera-kera tersebut turun dan berada sampai ke Pasar Gotong Royong. Mereka mencari sayur sisa yang tak dijual," kata Dwi (52), salah seorang warga Rejowinangun Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

Sementara itu jumlah kera ekor panjang terus mengalami peningkatan.

 

Berdasarkan penelitian dari gabungan peneliti Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yang diketuai oleh Dr. drh. R. Wisnu Nurcahyo pada tahun 2018, jumlah populasi monyet ekor panjang di Gunung Tidar mencapai sebanyak 198 ekor.

Jumlah ini pun diperkirakan meningkat seiring waktu dan masa perkembangbiakan mereka.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang pun sudah memikirkan beberapa upaya untuk mengatasi masalah kera-kera di Gunung Tidar. Meski begitu, solusi yang ada belum ada yang cocok.

BERITA TERKAIT

”Wacana pengurangan populasi kera ini sudah lama, tetapi belum ada cara yang cocok. Kera-kera ini perlu dikendalikan agar tidak membahayakan. Kami akan mengkaji solusi efektif mengurangi jumlah kera,” kata Kepala DLH Kota Magelang, Otros Trianto.

Dikatakannya, penanganan kera-kera ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Penanganan kera pun diupayakan tidak dengan cara dibasmi, tetapi dengan cara lain.

Seperti dipindahkan ke tempat lain yang cocok untuk habitat mereka. Ada juga solusi vasektomi untuk kera pejantan agar mereka tidak berkembang biak terlalu cepat. (Tribunjogja/Rendika Ferri Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Diduga Kekurangan Makanan, Puluhan Kera Ekor Panjang di Gunung Tidar Turun ke Permukiman Warga, https://jogja.tribunnews.com/2020/01/17/diduga-kekurangan-makanan-puluhan-kera-ekor-panjang-di-gunung-tidar-turun-ke-permukiman-warga.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas