Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tercatat 40 Kasus Pembuangan Bayi di Bali, Yang Anyar Ditemukan di Sungai Badung

KPPAD meminta agar pihak kepolisian mengusut tuntas kasus pembuangan bayi ini. Sebab, tindakan tersebut merupakan kejahatan.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Tercatat 40 Kasus Pembuangan Bayi di Bali, Yang Anyar Ditemukan di Sungai Badung
Wartakota
Ilustrasi mayat bayi ditemukan warga 

TRIBUNNEWS.COM - Sejak tahun 2017 tercatat ada 40 kasus pembuangan bayi di Bali.

Demikian pihak Komisi Penyelenggaraan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Bali, Ni Luh Gede Yastini menyampaikan informasi tersebut.

Ia meminta agar pihak kepolisian mengusut tuntas kasus pembuangan bayi ini. Sebab, tindakan tersebut merupakan kejahatan.

"Kami dari Bidang Anak berhadapan dengan hukum  KPPAD Bali mengecam tindakan tersebut dan mendorong kepolisian untuk mengusut kasus tersebut," kata Yastini kepada Tribun Bali Senin (20/1/2020).

Dengan adanya beberapa kasus pembuangan bayi yang terjadi di awal 2020 ini, bagi Yastini ini adalah fenomena yang sangat memprihatinkan.

Baca: Jasad Bayi Dalam Tas Ransel Ditemukan di Sungai Badung

Baca: Sudah 7 Bulan Petani Garam di Desa Purwakerti Karangasem Meliburkan Diri

Baca: Bisnis Properti Mewah di Bali dengan Harga Terjangkau

Apalagi, dua kasus yang terjadi terakhir sangat berdekatan.

"Perbuatan ini adalah kejahatan pada anak bahkan sudah melanggar hak hidup anak yang merupakan hak yang paling hakiki sebagai manusia,” katanya.  

BERITA REKOMENDASI

Ia berharap agar banyaknya kasus pembuangan bayi ini menjadi konsen banyak pihak sehingga tidak ada lagi kasus serupa yang terjadi. 

"Kasus sudah terus berulang, harapan kami semua pihak bersuara dan sepakat bahwa tindakan pembuangan bayi ini adalah kejahatan," harapnya.

Kasus terbaru 

Kasus pembuangan bayi kembali terjadi di Denpasar.

Kali ini bayi ditemukan di Sungai Badung, Jalan Imam Bonjol, Banjar Buagan, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Senin (20/1/2020) sekitar pukul 08.41 wita.

Baca: Terkuak Ungkapan Sayang Dokter Muda di Bali Kepada sang Suami Sebelum Gantung Diri di Hotel

"Setelah mendapatkan informasi dari petugas kebersihan yang menemukan bayi itu, kami dari Tim BPBD Kota Denpasar langsung menuju ke lokasi," kata Petugas BPBD Denpasar, Nyoman Gede Putra kepada Tribun Bali.

Gede Putra yang juga ikut bersama tim BPBD Denpasar ke lokasi mengatakan bahwa kondisi bayi saat ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas