Tribun

Bupati Herwin Yatim Siapkan Banggai Jadi Destinasi Wisata Favorit di Timur Indonesia

Herwin Yatim memaksimalkan tiap kegiatan yang mampu mendorong pariwisata Banggai, termasuk Festival Wisata dan Budaya Gelora Pagimana 2020

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Bupati Herwin Yatim Siapkan Banggai Jadi Destinasi Wisata Favorit di Timur Indonesia
HandOut/Istimewa
Bupati Banggai Herwin Yatim. 

TRIBUNNEWS.COM, BANGGAI - Kabupaten Banggai akan membangun sinergisitas dengan Manado secara berkelanjutan dalam bidang pariwisata.

Sinergisitas ini  merupakan bagian dari program Bupati Herwin Yatim yang akan mengembangkan wisata Banggai sebagai destinasi favorit untuk Indonesia bagian timur ke depannya.

Herwin menilai, sektor pariwisata Kota Manado telah berkembang. Sehingga orang nomor satu di Banggai tersebut mengharapkan pariwisata Banggai akan ikut berkembang. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pesan Presiden, Pak Joko Widodo agar memajukan program pariwisata, daerah harus bisa bersinergi dan membangun networking dengan daerah yang pariwisatanya sudah maju. Nah, Kota Manado bisa menjadi daerah networking kita," ujar Herwin dalam keterangan yang diterima, Jumat (24/1/2020).

Herwin menuturkan, sinergisitas dengan Kota Manado di sektor pariwisata akan memberikan dampak positif untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Banggai kedepan.

"Kami harapkan bahwa perkembangan pariwisata di Kabupaten Banggai akan ikut menggerakkan ekonomi masyarakat," tutur kepala dearah nomor satu Banggai tersebut.

Karena itu, Herwin Yatim akan memaksimalkan setiap kegiatan yang mampu mendorong berkembangnya pariwisata Banggai.

Salah satunya Festival Wisata dan Budaya Gelora Pagimana 2020 yang akan digelar di Luwuk pada 12 Februari mendatang.

Even tersebut diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati 78 tahun hari Patriotik.

Adapun Kepala Dinas Pariwisata Banggai, Paiman Karto mengungkapkan, kemajuan yang diperoleh pariwisata Kota Manado yang sudah semakin maju akan membantu perkembangan pariwisata Banggai kedepan.

"Tiap hari di Manado, ada 300 turis China dan Eropa yang tiba. Artinya, jika kita bisa sinergi, maka akan menimbulkan destinasi yang lebih banyak. Kami sudah menawarkan ke Manado. Alhamdulillah kawan-kawan di Manado menyambut baik," kata Paiman.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Provinsi Sulut Bidang Pariwisata, Dino Gobel, mengatakan bahwa Luwuk memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia Timur.

Sehingga Dino menyambut baik komitmen Herwin untuk mengembangkan sektor pariwisata yang dinilai sangat positif untuk memajukan Kabupaten Banggai.

"Dan memang, Manado sekarang lagi dikembangkan sebagai tourism hub turis Asia. Oleh Pak Gubernur Olly Dondokambey, turis yang tiba melalui Manado bisa disalurkan ke daerah lain di Indonesia Timur. Kebetulan Luwuk Banggai agresif menawarkan. Dan ini positif," kata Gobel.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas