Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Dinkes Langkat Cek Kesehatan Pekerja Asing Asal China di PLTU Sumatera Utara II

Respons ini sebagai antisipasi penyebaran penyebaran virus Corona yang menjadi momok meresahkan

Dinkes Langkat Cek Kesehatan Pekerja Asing Asal China di PLTU Sumatera Utara II
HO
Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat instansi terkait melakukan pemeriksaan dan cek kesehatan terhadap pekerja asing asal China di PT Sinohydro PLTU Sumatera Utara II, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Selasa (28/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Medan Dedy Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN  - Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat mengecek kesehatan pekerja asing asal China.

Respons ini sebagai antisipasi penyebaran penyebaran virus Corona yang menjadi momok meresahkan.

Mereka melakukan pemeriksaan dan cek kesehatan terhadap pekerja asing asal China di PT Sinohydro PLTU Sumatera Utara II, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Selasa (28/1/2020).

Tim kesehatan Pemkab Langkat, Sekretaris Dinas Kesahatan Kabupaten Langkat, Muhammad Ansyari mengatakan wujud respon dalam antisipasi dan penanganan penyakit infeksi Emerging (Pie) ncov (novel coronavius) di Pangkalan Susu.

Katanya, ada 95 orang tenaga kerja asing asal China yang bekerja di PT Shinohydro PLTU Pangkalan Susu. Untuk itu, tim melakukan pemeriksaan dan cek kesehatan serta melakukan survei terhadap 13 orang pekerja asing.

"Kami melakukan cek kesehatan ini sebagai antisipasi dan penanganan terhadap pekerja asing, dengan alasan pekerja tersebut masuk ke PLTU pada rentang tanggal 7 hingga 22 Januari 2020. Pemeriksaan kesehatan menggunakan form penyelidikan epidemiology suspect novel coronavius (2019-ncov)," ungkap Muhammad Ansyari.

Baca: Warga Israel Ramai-ramai Batal ke China, Sektor Bisnis Tour and Travel Terpukul

Baca: Terungkap, Asal Virus Corona yang Mematikan, Miliki Keterkaitan Tinggi dengan Perdagangan Hewan Liar

Baca: Kisah Mahasiswa Indonesia di China: Teman Saya Batuk, Kerumunan Langsung Menghindar

Dari 13 pekerja asing itu hasil sementara, keadaan kesehatan mereka baik dan vital sign stabil.

Kendati demikian, tahap lanjut masih diperlukan dengan observasi selama 14 hari ke depan yaitu pada tanggal 6 Februari mendatang.

"Pekerja memiliki riwayat perjalanan dari China ke Indonesia atau Langkat pada tanggal 22 Januari 2020. Sementara hasilnya baik dan sehat, nanti akan ada tahap lanjut observasi," jelasnya.

Manager Operasional PT Shinohydro, Mr Luu Chien mengatakan, hasil pemeriksaan dan cek kesehatan semua pekerja negatif virus corona. Artinya tidak ditemukan adanya pekerja yang terjangkit virus yang telah menyebabkan kematian dan menular.

Camat Pangkalan Susu, Fahrizal Azmi bersyukur tidak ada virus corona yang berbahaya dan menukar. Diakuinya ada kekhawatiran masyarakat akan penyebaran virus ini.

"Alhamdulillah hasilnya negatif corona, dan kita mengapresiasi kinerja Dinas Kesehatan yang tanggap dan cepat dalam merespon isu kesehatan ini," ujarnya.

Adapun tim yang turun ikut serta Kepala Puskesmas Beras Basah dan Kepala Puskesmas P.Susu, Pcs 119 Kabupaten Langkat, KKP P.Susu, Kepala Desa Tanjung Pasir serta team dokter dan para medis Dinkes Langkat. (Dyk/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Antisipasi Virus Corona, Dinkes Langkat Cek Kesehatan Pekerja Asing Asal China di PLTU

Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Medan
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas