Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1.300 Koperasi di Bandung Terancam Dibubarkan, Ini Masalahnya

Sekitar 1.300 koperasi dari total 2.030 koperasi yang terdaftar di Kota Bandung terancam dibubarkan, karena dinilai tidak aktif dan bermasalah

Editor: Sugiyarto
zoom-in 1.300 Koperasi di Bandung Terancam Dibubarkan, Ini Masalahnya
IST
Lambang koperasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sekitar 1.300 koperasi dari total 2.030 koperasi yang terdaftar di Kota Bandung terancam dibubarkan, karena dinilai tidak aktif dan memiliki sejumlah masalah.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, mengatakan, dari total koperasi yang ada, hanya sekitar 700-an yang masih aktif.

Menurut Atet, Kementerian Koperasi dan UMKM saat ini menitikberatkan pada kualitas ketimbang kuantitas koperasi.

Sehingga, pemerintah pusat akan memerifikasi koperasi-koperasi yang ada dan tidak segan membubarkan koperasi yang tidak aktif.

"Itu kan kebijakan pusat, kami hanya verifikasi koperasi yang benar-benar tidak aktif," ujar Atet, saat dihubungi, Senin (17/2/2020).

Ia memastikan, hanya akan membubarkan koperasi yang terindikasi tidak aktif dan bermasalah. Setelah itu, dari evaluasi yang dilakukan pihaknya, data tersebut akan diserahkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM.

Atet mengaku, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada.

BERITA TERKAIT

Pembinaan tersebut di antaranya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), ketatalaksanaan dan ketatakelolaan koperasi serta pemenuhan fasilitas jaringan usaha koperasi.

"Kita sedang membuat jaringan usaha, jadi nanti koperasi bersatu sehingga koperasi bisa menjadi kekuatan ekonomi yang bisa diandalkan karena sekarang masih masing-masing," katanya.

Dengan dibentuknya fasilitas jaringan usaha koperasi, Atet optimistis kinerja koperasi di Kota Bandung dapat terus berkembang.

"Nanti kalau mereka belanja bisa belanja produk bersama, jadi belanja modal akan semakin kecil. Serta mereka kalau punya produk, bisa juga dipasarkan di koperasi lain," ucapnya.

Hal tersebut dilakukan lantaran mengingat kualitas dan daya tahan koperasi tersebut buruk.

Pembubaran terbesar terjadi pada 2016, sebanyak 45.629 koperasi. Dilanjutkan 2017 sebanyak 32.778 koperasi, kemudian 2018 sebanyak 2.830 koperasi. Pada 2019, sebanyak 449 koperasi sudah dibubarkan.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ribuan Koperasi di Bandung Terancam Dibubarkan

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas