Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cari Batu di Tegalan untuk Talud, Nyoto Temukan Keris, Teko dan Buku Bertuliskan Aksara Jawa

Tiga buah benda berbentuk keris, teko dan buku yang terbuat dari batu ditemukan oleh warga di sebuah lubang di lahan tegalan

Cari Batu di Tegalan untuk Talud, Nyoto Temukan Keris, Teko dan Buku Bertuliskan Aksara Jawa
stimewa
Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Mantep, (kanan) menunjukkan benda-benda yang ditemukan di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Rabu (12/2/2020) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Tiga buah benda berbentuk keris, teko dan buku yang terbuat dari batu ditemukan oleh warga di sebuah lubang di lahan tegalan di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jumat (7/2/2020) lalu.

Pihak berwenang telah datang dan memeriksa benda, tetapi belum diketahui secara pasti usia maupun jenis dari benda tersebut.

Saat itu, ia sedang mencari batu untuk membuat talud di lahan tegalan miliknya, sampai ia melihat benda-benda tersebut tergeletak di dalam sebuah lubang dengan kedalaman dua meter.

Tiga benda yang ditemukan berbentuk keris, teko dan buku.

Namun, Nyoto tak berani memegang benda tersebut, ia pun menguburnya lagi.

Penemuan itu kemudian dilaporkan oleh Nyoto kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Ketiga benda itu digali dan diangkat, lalu disimpan di rumah Nyoto.

"Saya tidak berani untuk mengangkat benda tersebut, terus saya tutup lagi. Saya melaporkan penemuan ini kepada dinas," kata Nyoto.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Mantep, mengatakan, pihaknya telah melakukan penggalian dan pengangkatan terhadap benda tersebut.

Benda-benda tersebut dibersihkan dan disimpan di dalam kotak lemari di rumah Nyoto.

Pada benda tersebut terdapat tulisan yang muncul setelah dibersihkan.

Di benda berbentuk keris terdapat tulisan 'Walisanga', teko bertuliskan aksara Jawa, 'Pejuang Negara', benda berbentuk buku dengan aksara Arab bertuliskan, 'Bismilahiramani Syeh Raden Mas Browinata'.

"Penemuan ini juga kami laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Mereka datang menuju lokasi penemuan benda tersebut,” katanya. 
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas