Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PLTS di Pulau Karampuang Bisa Jadi Contoh Pengelolaan Energi Terbarukan

Agung minta energi yang dihasilkan PLTS Karampuang tidak hanya dimanfaatkan untuk listrik rumah tangga tapi juga kegiatan produktif

PLTS di Pulau Karampuang Bisa Jadi Contoh Pengelolaan Energi Terbarukan
ist
Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 

TRIBUNNEWS.COM, MAMUJU – Sinergi Masyarakat dan Badan Usaha di bidang pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang telah beroperasi sejak 2017, dinilai sukses dan berkesinambungan.

Hal ini bisa dijadikan sebagai model percontohan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa PLTS-PLTS Desa di seluruh Indonesia.

“PLTS di Pulau Karampuang bisa jadi model percontohan PLTS Desa yang tepat, yang bisa dibangun di 7.000 desa di seluruh Indonesia," kata anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono saat meninjau proyek itu di Mamuju, Rabu (18/3/2020).

Ia didampingi Asisten I Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat M Natsir.

Untuk itu, Agung meminta PLTS ini harus dipelihara baik, karena selain menjadi sumber energi listrik untuk rumah tangga, juga untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi kegiatan industri pedesaan.

"Saya minta energi yang dihasilkan PLTS Karampuang tidak hanya dimanfaatkan untuk listrik rumah tangga saja, tetapi juga untuk kegiatan produktif," katanya.

Baca: Sakit Hati Mau Ditinggal Nikah Pacar Gelapnya, Pria di Mamuju Ini Sebar 13 Video Mesum dengan Pacar

Baca: Mantan Dirkeu Angkasa Pura II Dituntut Hukuman 5 Tahun Penjara

Baca: Solo KLB Corona, Wali Kota Solo Berencana Siapkan Rumah Sakit Khusus untuk Corona

Ia mencontohkan, di lokasi itu bisa dibuat kompleks rumah makan sehingga menjadi pusat kuliner.

"Karena selain panorama Pulau Karampuang indah, dunia bawah laut sekeliling pulau ini juga bagus buat menyelam,” ujar Agung Laksono.

COO PT Sky Energy Indonesia Tbk,  Kurniadi Widyanta mengatakan, selain dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga,  energi ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wisata dan industri setempat.

“Melihat realitas pengelolaan PLTS yang sudah beroperasi berkesinambungan di Pulau Karampuang, maka ini (PLTS Karampuang) dapat dijadikan percontohan bagi daerah-daerah lain," katanya.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas