Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pendekatannya Selama Sebulan, Dandim Puncak Jaya Ajak KSB Kembali ke Pangkuan NKRI

Tendison menyampaikan niatnya untuk menyerahkan satu pucuk senjata pistol Barreta buatan Italia yang dikuasainya beserta amunisinya

Penulis: Gita Irawan
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pendekatannya Selama Sebulan, Dandim Puncak Jaya Ajak KSB Kembali ke Pangkuan NKRI
Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih
ILUTRASI-- Talengga Gire alias Weginus, Piningga Gire, Tekiles Tabuni dan Perengga yang merupakan mantan anggota Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) resmi kembali ke pangkuan NKRI hari ini Selasa (11/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang anggota Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) dari Mewoluk Puncak Jaya, Tendison Enumbi akan  menyerahkan diri ke pemerintah.

Ia ingin kembali ke pangkuan ibu pertiwi setelah Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo berkomunikasi selama satu bulan dengannya.

Tendison menyampaikan niatnya untuk menyerahkan satu pucuk senjata pistol Barreta buatan Italia yang dikuasainya beserta amunisinya.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto menerangkan setelah itu Tendison dan Agus merencanakan bertemu di sekitar Kota Mulia untuk melakukan penyerahan senjata tersebut pada Kamis (18/6/2020).

Tetapi saat perjalanan menuju Kota Mulia, Tendison yang berangkat dari kampung Elubo, Distrik Mewoluk terjatuh di kali Mewoluk.

Baca: Masuk Kamar Anak Tiri yang Masih ABG, Pria Lampung Ini Minta Dilayani Layaknya Suami Istri

Baca: Refly Harun: Memang Kenapa Kalau Calon Presiden Pada Pilpres 2024 Banyak ?

Baca: AJI Terima Surat Pemberitahuan Pernyataan Banding dari Jokowi terkait Kasus Blokir Internet Papua 

Pada saat terjatuh pistol yang dibawa Tendison meletus dan mengenai pinggang kanan bawah tembus ke betis kanan.

BERITA TERKAIT

Sekira ukul 15.30 WIT masyarakat yang menemukan Tendison yang sedang terluka membawanya bertemu dengan wakil ketua Klasis.

Selanjutnya wakil ketua klasis mengajak Tendison ke kota Mulia untuk berobat.

"Saat perjalanan menuju RSU Mulia Tendison menyampaikan kepada kelompoknya yang ada disekitar TKP untuk tidak usah mengikuti dia dan membubarkan diri dikarenakan Tendison akan menyerahkan diri ke pemerintah dengan senjata yang dibawa," kata Eko dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (19/6/2020).

Setelah tiba di RSU Mulia, Tendison langsung ditangani oleh pihak medis.

Di sana ia diperiksa di ruangan radiologi dan dirontgen.

"Sementara itu menunggu kesembuhan Tendison, Penyerahan senjata secara resmi dari Tendison diwakili oleh keluarga ke Pemerintah yaitu Bupati Puncak Jaya rencananya akan diserahkan kepada aparat TNI/Polri pada Senin 22 Juni 2020 di Alun-Alun Roh Kudus Kabupaten Puncak Jaya," kata Eko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas