Tribun

Kisah Bocah SD Jadi Penjual Es Buah Keliling Untuk 'Modal' Belajar Online di Sumedang

Jafar Sidik (11) mencari pundi-pundi rupiah agar bisa menimba ilmu di tengah pandemi Covid-19 dengan berjualan es buah keliling.

Editor: Adi Suhendi
Kisah Bocah SD Jadi Penjual Es Buah Keliling Untuk 'Modal' Belajar Online di Sumedang
tribunjabar/hilman kamaludin
Jafar Sidik, bocah penjual es buah keliling 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Jafar Sidik (11) mencari pundi-pundi rupiah agar bisa menimba ilmu di tengah pandemi Covid-19 dengan berjualan es buah keliling.

Bocah asal Lembur Tengah, RT 03/17, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat tersebut tanpa lelah menawarkan barang jualannya dengan menyusuri gang-gang sempit di sekitar rumahnya.

Sebelum berangkat, Jafar menyiapkan sendiri barang dagangannya dibantu ibunya di rumah kontrakan yang sangat sederhana.

Kemudian setelah semuanya selesai, dia langsung berpamitan dan meminta doa ke ibunya agar semua dagangannya bisa laku terjual.

Baca: Perjuangan 2 Siswi SMA Rela Jadi Pemetik Kopi Agar Bisa Mengikuti Sekolah Online di Pagaralam

Kemudian ia berjalan dengan menyusuri gang sempit dan area persawahan sambil menawarkan es buah dengan suara yang lantang agar warga yang sedang berada di dalam rumah mendengar apa yang ia jual.

Siswa kelas 6 SDN Panyingkiran 2 itu setiap harinya berjualan dengan membawa tas kecil, memakai masker, dan sandal jepit.

Saat berjualan, dia hanya mampu membawa es buah sebanyak 10 cup yang disimpan menggunakan wadah terbuka.

Meski tubuhnya mungil, anak pertama dari pasangan suami istri Neneng Fatimah (36) dan Ubed Junaedi (40) itu mampu berkeliling ke setiap kampung agar semua dagangannya bisa laku terjual.

Baca: Pelajar Setahun Hidup di Kandang Ayam Pinjaman, Terbiasa Bau dan Diejek, Ingin Beli Rumah untuk Ibu

"Uangnya dikumpulin di mamah, agar ada modal lagi buat usaha, bayar token listrik, dan bayar kontrakan," ujar Jafar saat ditemui ketika berjualan di sekitar Jalan Mayor Abdurrahman, Kabupaten Sumedang, Rabu (12/3/2020).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas