Tribun

Kapal Tiongkok Terdeteksi di Perairan Natuana, Ternyata Alami Rusak Mesin, Tak Terbukti Melanggar

Satu unit kapal milik Tiongkok diketahui berada di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau Minggu (23/8/2020) dalam kondisi rusak.

Editor: Miftah
Kapal Tiongkok Terdeteksi di Perairan Natuana, Ternyata Alami Rusak Mesin, Tak Terbukti Melanggar
Tribun Batam/Humas Bakamla
Satu unit kapal asing milik Tiongkok rusak di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (23/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Satu unit kapal milik Tiongkok terdeteksi berada di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau Minggu (23/8/2020).

Kapal bernama lambung MV Fu Yuan Yu Leng 009 ternyata mengalami kerusakan mesin.

Petugas menyebut, kapal itu tak terbukti melakukan pelanggaran.

"Kapal tersebut tidak terbukti melakukan pelanggaran perikanan dan pelayaran. Sehingga tidak perlu dilakukan penahanan. Kapal berpendorongan tunggal tersebut diberikan kesempatan untuk memperbaiki kerusakan hingga pukul 18.00 Wib hari ini," jelas Kabag Humas dan Protokol Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam rilis yang diterima Tribunbatam.id.

Diketahui kapal tersebut berlayar dari Samudera Hindia menuju Chiaman, Tiongkok dan melakukan hak lintas damai.

Baca: Tabrakan Dua Kapal di Sibolga, Satu ABK Tewas dan Enam Luka

Baca: Pemerintah Perlu Bina Nelayan Kecil Agar Mampu Operasikan Kapal 30 GT

Baca: Dua Nelayan Iran Ditembak Mati, Iran Tahan Kapal UEA di Teluk Persia

Satu unit kapal asing milik Tiongkok rusak di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (23/8/2020). Tampak Bakamla sedang membantu proses perbaikan mesin.
Satu unit kapal asing milik Tiongkok rusak di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (23/8/2020). Tampak Bakamla sedang membantu proses perbaikan mesin. (Tribun Batam/Humas Bakamla)

Namun kapal terpaksa berhenti karena ada kerusakan mesin.

"KN Pulau Dana - 323 Bakamla RI tetap berada di sekitar kapal FYYL 009 untuk melakukan pengamanan selama perbaikan dan pengawalan. Hingga ke luar perairan yurisdiksi Indonesia setelah selesainya perbaikan," kata Wisnu.

Awalnya, keberadaan kapal itu dideteksi oleh Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI akan adanya kapal ikan asing (KIA) asal Tiongkok yang lego jangkar di wilayah perairan Natuna Utara, Minggu kemarin.

Mendapati informasi tersebut, Komandan KN. Pulau Dana - 323 Letkol Bakamla Hananto Widhi mengarahkan kapal untuk mendekat ke titik koordinat keberadaan kapal. Setiba di lokasi, beberapa personel dikerahkan untuk melakukan visit board search and seizure (VBSS).

"Ini merupakan bagian tugas Bakamla juga untuk menjamin keamanan dan keselamatan, bagi para pengguna di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia," tambah Wisnu.

(TribunBatam.id/Leo Halawa)

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Kapal Tiongkok Terdeteksi di Perairan Natuna, Alami Rusak Mesin, 'Tak Terbukti Lakukan Pelanggaran'

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas