Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ibu dan Putrinya Tertipu Perwira TNI Gadungan Berpangkat Kapten, Uang Jutaan Rupiah Raib

Anggota TNI gadungan yang mengaku berpangkat kapten menipu seorang ibu dan putrinya dan membawa lari uang jutaan rupiah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ibu dan Putrinya Tertipu Perwira TNI Gadungan Berpangkat Kapten, Uang Jutaan Rupiah Raib
Istimewa
Perwira TNI gadungan NI (tengah) saat sudah diamankan oleh aparat TNI AD dan diserahkan kepada kepolisian, Kamis (12/11/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Aparat TNI AD yang terdiri dari Personel Piket Ksatrian Praja Raksaka Kepaon, Denpom IX/3 Denpasar dan Tim Intel Korem 163/Wira Satya meringkus MI yang mengaku sebagai Perwira TNI AD berpangkat Kapten dan berdinas di satuan Intel.

Mengaku sebagai Perwira TNI AD, MI menipu 2 perempuan berinisial J seorang pemilik warung ikan bakar serta anaknya yang berstatus mahasiswi berinisial AN.

Berkedok sebagai satuan intel TNI, AN semakin terperangkap bujuk rayu NI hingga terjalin hubungan dekat.

NI melancarkan aksinya dengan mengeruk keuntungan meminjam uang tunai jutaan rupiah sebanyak dua kali berdalih ada keperluan.

Baca juga: Asal-usul Terungkapnya Pria Asal Medan yang Mengaku Sebagai TNI Gadungan Selama 12 Tahun

Belakangan akhirnya diketahui NI bukanlah Perwira TNI AD, melainkan warga sipil, J dan AN merasa ditipu dan dirugikan oleh NI.

Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, S.S., menerangkan, NI telah diamankan di tempat tinggalnya di Banjar Merta, Jalan Merta Sandi Nomor 1 Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, pada Rabu (11/11/2020) sekitar pukul 12.30 Wita.

BERITA TERKAIT

"Ya, dia warga sipil mengaku sebagai Perwira TNI AD berpangkat Kapten sudah diamankan seorang warga sipil oleh aparat TNI AD, Rabu (11/11/2020) siang," terang Kapenrem kepada Tribun Bali, Jumat (13/11/2020).

Meskipun berhasil mengelabuhi satu keluarga tersebut dengan mengaku sebagai Perwira TNI AD, namun tak lama aksi tak terpujinya itu berhasil terendus oleh aparat TNI.

Kasatreskrim polres Bantul AKP Riko Sanjaya didampingi Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sulistyaningsih menunjukkan pelaku TNI gadungan dan sejumlah barang bukti
Kasatreskrim polres Bantul AKP Riko Sanjaya didampingi Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sulistyaningsih menunjukkan pelaku TNI gadungan dan sejumlah barang bukti (TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin)

Ia pun langsung dibekuk petugas. MI tak berkutik di hadapan petugas.

Kini NI harus mempertanggungjawabkan perbuatannya terhadap pihak kepolisian meringkuk di Kantor Kepolisian Sektor Denpasar Selatan, pada Kamis (12/11/2020) sore kemarin.

"Karena yang bersangkutan adalah warga sipil maka proses hukum atas kesalahan yang dilakukan dilimpahkan dan diserahkan kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Denpasar Selatan," ujar Kapenrem.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Perwira TNI AD Gadungan Tipu Wanita di Denpasar, Dicokok Aparat TNI

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas