Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Tolak Rapid dan Swab Test, 10 Calon Anggota KPPS di Purbalingga Diganti

KPU Purbalingga mengganti 10 calon KPPS dengan calon baru karena menolak rapid dan swab test lanjutan lantaran hasil rapid testnya reaktif Covid-19

Tolak Rapid dan Swab Test, 10 Calon Anggota KPPS di Purbalingga Diganti
TRIBUN JABAR/ZELPHI
Pelaku wisata yang ada di Kota Cimahi melakukan swab test gratis di GOR Sangkuriang, Jalan Sangkuriang, Kota Cimahi, Jumat (20/11/2020). Tim Pikobar (Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Jawa Barat) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga serta Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengundang para pelaku usaha industri pariwisata di Cimahi untuk dilakukan test swab secara gratis. Dari kegiatan ini nantinya dapat diketahui ada atau tidaknya penyebaran virus covid-19 sebagai upaya memberi kepastian bagi warga untuk tetap berkegiatan dalam bidang kepariwisataan. (Tribun Jabar/Zelphi) 

TRIBUNNEWS.COM, PURBALINGGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga mengganti 10 calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan calon anggota baru.

Hal ini dilakukan karena mereka enggan memenuhi syarat wajib sebelum bertugas sebagai anggota KPPS. 

Komisioner KPU Purbalingga, Andri Supriyanto menjelaskan  sebagian dari mereka enggan menjalani rapid test yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan.

Padahal rapid test menjadi syarat mutlak bagi setiap calon anggota KPPS.

Tenaga medis melakukan rapid test (tes cepat) Covid-19 terhadap warga di Gelanggang Remaja Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020). Polda Metro Jaya menyelenggarakan bakti sosial penyemprotan cairan disinfektan dan rapid test atau tes cepat Covid-19 karena adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari jemaah Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di kawasan Tebet. Tribunnews/Herudin
Tenaga medis melakukan rapid test (tes cepat) Covid-19 terhadap warga di Gelanggang Remaja Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020). Polda Metro Jaya menyelenggarakan bakti sosial penyemprotan cairan disinfektan dan rapid test atau tes cepat Covid-19 karena adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari jemaah Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di kawasan Tebet. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Pihaknya pun sedari awal telah menyosialisasikan peraturan itu kepada mereka yang ingin mendaftar sebagai anggota KPPS. 

Sebagian lain menolak menjalani tes usap setelah dinyatakan reaktif dari hasil rapid test.

KPU Purbalingga enggan ambil pusing bagi calon KPPS atau Linmas yang enggan menjalani rapid test maupun tes usap (swab test) yang menjadi syarat mutlak.

Mereka langsung dianggap tidak sanggup memenuhi kewajiban sehingga harus diganti dengan calon anggota baru.

"Ada yang reaktif, tapi tidak mau di swabtest, akhirnya kami ganti, "katanya, Selasa (24/11/2020). 

KPU tidak perlu melakukan seleksi ulang untuk mengisi formasi calon anggota KPPS yang mundur.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: Tribun Jateng
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas