Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ratusan Mayat Dibongkar dan Dipindah dari TPU Cikadut Usai Hasil Test Nyatakan Negatif Covid 19

Petugas Dinas Tata Ruang Pemkot Bandung, Sudrajat, sehari-hari bertugas di TPU Cikadut menerangkan,selama ini banyak keluarga yang memindahkan jenazah

Ratusan Mayat Dibongkar dan Dipindah dari TPU Cikadut Usai Hasil Test Nyatakan Negatif Covid 19
Tribunnews/Herudin
ILUSTRASI-- Petugas merapikan makan di areal pemakaman khusus Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Jakarta Timur, Kamis (4/3/2021). Lahan makam untuk pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus penuh seiring lonjakan angka kematian pasien di Ibu Kota. Menurut Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, dua blok atau blad TPU Bambu Apus telah penuh terisi oleh 1.050 jenazah. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Mega Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM,BANDUNG - Tidak semua jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid 19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, mayatnya terkonfirmasi positif. 

Selama pandemi Covid 19, ratusan jenazah yang dimakamkan secara Covid 19, jenazahnya dibungkus plastik kemudian dimasukan peti lalu dikubur, banyak yang dipindahkan oleh keluarga.

Pemindahan jenazah itu setelah keluarga membawa surat keterangan hasil swab yang menunjukan anggota keluarga mereka yang meninggal dan dimakamkan secara protokol Covid 19, terbukti negatif. 

Petugas Dinas Tata Ruang Pemkot Bandung, Sudrajat, sehari-hari bertugas di TPU Cikadut menerangkan, selama ini banyak keluarga yang memindahkan jenazahnya. 

"Iya banyak jenazah yang dipindahkan setelah keluarga membawa surat keterangan bahwa jenazah yang sudah dikubur itu negatif Covid 19," ucap Sudrajat saat dihubungi via ponselnya, Kamis (11/3/2021).

Mereka yang dimakamkan dengan protokol Covid 19, rata-rata meninggal dengan gejala Covid 19 namun hasil swab tesnya belum keluar.

Baca juga: CSIS: Warga Usia Muda Paling Tidak Peduli dengan Covid-19

Jenazah kemudian dibungkus plastik, dimasukan peti kemudian dikuburkan.

"Memang bisa dipindahkan asal ada surat keterangan negatif dan ada surat izin dari otoritas pemakaman yang akan menerima jenazah.

Kalau tidak ada surat negatifnya kami juga tidak berani," ucap dia.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas