Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Sang Dokter Teladan Taolin Agustinus Jadi Bupati Belu

KPUD menetapkan Dokter Taolin Agustinus bersama pasangannya Aloysius Haleserens menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu untuk periode 2020-2026

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Sang Dokter Teladan Taolin Agustinus Jadi Bupati Belu
Istimewa/ Poskupang.com
Dokter Taolin Agustinus bersama kuasa hukumnya Hermawi Taslim dkk usai Sidang MK. 

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - KPUD Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan Dokter Taolin Agustinus bersama pasangannya Aloysius Haleserens menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu untuk periode 2020-2026.

Penetapan tersebut sesuai dengan hasil rapat pleno KPUD Belu lewat Surat Keputusan Pleno nomor :61/PL.02.7-Pu/5304/KP-Kab/III/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, Senin (22/3/2021).

Diketahui, sebelum ditetapkan menjadi bupati terpilih, Dokter Taolin Agustinus bersama pasangannya Aloysius Haleserens harus menunggu keputusan hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: MK Diskualifikasi Pemenang Pilkada Boven Digoel, Kuasa Hukum Pemohon Apresiasi Putusan Mahkamah




Hingga akhirnya Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi menolak permohonan yang diajukan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu nomor urut 1 Willybrodus Lay dan JT Ose Luan, Kamis (18/3/2021).

Usai pembacaan keputusan majelis hakim konstitusi atas sengketa Pilkada Kabupaten Belu, suasana hening menyelimuti War Room Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Pusat.

Dua pria yang bakal menduduki kursi terhormat sebagai orang nomor 1 dan nomor 2 di Kabupaten Belu, wilayah perbatasan negara matahari terbit Timor Leste dan Indonesia di Timur Nusa Tenggara itu tampak tertunduk diam.

Baca juga: Sengketa Pilkada Rokan Hulu, MK Perintahkan Pemungutan Suara Ulang di 25 TPS

Pria berperawak tinggi semampi itu duduk sederet dengan wakilnya, Aloysius Haleserens.

BERITA TERKAIT

Ia tertunduk, sembari berdoa dan besyukur atas kemenanganya yang hanya terpaut 247 suara dari pesaing utama, sang petahana pada pentas politik 9 Desember 2020 yang lalu.

Dialah dokter Taolin Agustinus, pria yang pernah terpilih sebagai dokter teladan tingkat Puskesmas se-Indonesia beberapa tahun silam.

Dokter Agus lahir dan dibesarkan di sebuah dusun di Desa Halilulik, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Ia menjalani pendidikan dasar hingga menengah atas di Pulau Cendana.

Taolin Agustinus lalu melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Selepas dari kota pelajar dan kota wisata Yogyakarta, pria yang pernah dinobatkan sebagai Dokter Teladan Puskesmas Se-Indonesia ini lalu melanjutkan kuliah spesialis penyakit dalam di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Politikus NasDem Apresiasi Keputusan MK Terkait Sengketa Pilkada Samosir dan Nisel

Sepulang dari UNDIP, dr Taolin Agustinus mulai berkarier di Kampung Halamannya di Desa Halilulik sebagai dokter kepala Puskesmas hingga menjadi kepala Rumah Sakit Atambua, Ibukota Kabupaten Belu.

Taolin Agustinus dikenal sebagai pekerja keras yang cerdas.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas