Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantu Ribuan UMKM Kota Solo, Gojek Gandeng Pemkot, OJK, dan TPAKD Luncurkan Program Ekonomi Digital

Gojek bekerjasama dengan Pemkot Solo, OJK dan TPAKD luncurkan program digitalisasi untuk UMKM di Kota Solo

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Bantu Ribuan UMKM Kota Solo, Gojek Gandeng Pemkot, OJK, dan TPAKD Luncurkan Program Ekonomi Digital
Istimewa
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan perwakilan TPAKD foto bersama dalam penandatanganan kesepakatan program digitalisasi UMKM dari Gojek, Kamis (8/4/2021) 

TRIBUNNEWS.COM - Gojek bekerjasama dengan Pemkot Solo, OJK dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Solo meluncurkan program ekonomi digital untuk ribuan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solo.

Program digitalisasi UMKM bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini untuk membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Adapun peluncuran digelar di Balai Kota Solo, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Gojek dan Tokopedia Berkolaborasi Optimalkan Belanja Online Selama Ramadhan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambut baik langkah kerjasama ini karena sejalan dengan program ekonomi digital pemkot.

“Kita ini sudah memasuki era disrupsi yang juga memaksa semua UMKM itu untuk go digital, saya senang sekali dengan adanya kerjasama dengan Gojek ini jadi UMKM solo itu tidak lagi menunggu bola tapi harus jemput bola untuk go digital. Kalau kemarin bapak ibu ikut saya belanja ke pasar itu kan ada salah satu pasar yang belanjanya sudah mulai cashless, nah seperti itu yang saya inginkan, " jelasnya.

Inisiatif ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gojek dan Pemerintah Kota Solo yang juga mewakili TPAKD Solo.

Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara mengapresiasi sinergi Gojek, Pemkot, dan TPAKD untuk mendorong digitalisasi UMKM.

Baca juga: Gojek Bangun Kelompok Sumber Daya Karyawan Perempuan Pertama Untuk Menangani Kesetaraan Gender

BERITA TERKAIT

"Itu dapat mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan literasi keuangan di daerah. Setelah mendapat literasi digital yang cukup dan pendampingan intensif, diharapkan kegiatan business matching juga dapat dilakukan, " ujarnya

"Hal ini adalah langkah awal untuk memberikan manfaat nyata di daerah melalui transformasi digital di berbagai lini. Kami berharap sinergi yang baik seperti ini dapat diikuti oleh daerah-daerah lainnya untuk mempercepat pemulihan ekonomi.”

Untuk tahap pertama Gojek akan memberikan pelatihan cara memasarkan produk melalui GoStore, website toko online pribadi dari Gojek yang dapat memfasilitasi UMKM Indonesia untuk berjualan online dengan mudah.

GoStore terintegrasi dengan rangkaian solusi andalan Gojek, serta dapat ditautkan ke platform media sosial untuk mempermudah transaksi penjualan di berbagai kanal.

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho mengatakan Gojek juga mendukung upaya Pemkot Solo sebagai super app karya anak bangsa.

"Dukungan ini untuk menjadikan lota yang cerdas atau Smart City melalui pembekalan serta pelatihan digital ekonomi kepada para UMKM," paparnya.

"Saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas