Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

Pulihkan Jaringan Pascabadai Siklon di NTT, Telkomsel Turunkan Tim di Lokasi Terdampak Banjir

Telkomsel telah melakukan upaya perbaikan di beberapa lokasi terdampak bencana badai siklon tropis.

Pulihkan Jaringan Pascabadai Siklon di NTT, Telkomsel Turunkan Tim di Lokasi Terdampak Banjir
istimewa
Para teknisi PLN saat berusaha menanggulangi kerusakan listrik di NTT 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan milik PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel masih mengalami kendala atau gangguan di sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusantara Tenggara Timur.

Kendala itu terjadi sejak Sabtu (3/4/2021) lalu akibat badai siklon tropis yang melanda sebagian kawasan di NTB dan NTT yang mengakibatkan bajir bandang sehingga merusak sejumlah infrastruktur jaringan milik Telkomsel.

Baca juga: Pascabadai Siklon, Telkomsel Upayakan Pemulihan Jaringan di Wilayah NTT

Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali Erwin Kusumawan mengatakan Telkomsel telah melakukan upaya perbaikan di beberapa lokasi terdampak bencana badai siklon tropis.

"Untuk memulihkan penurunan kualitas layanan pascabencana banjir bandang di beberapa wilayah provinsi tersebut, Telkomsel telah melakukan upaya perbaikan di sejumlah titik bencana baik di NTB dan NTT," kata Erwin dalam keterangan resminya, Kamis (8/4/2021).

Langkah cepat yang dilakukan untuk pemulihan layanan jaringan Telkomsel diantaranya menyediakan pembangkit listrik cadangan.

"Salah satunya dengan memobilisasi Mobile Backup Power atau genset ke lokasi BTS yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik. Ada sejumlah tim yang telah dikerahkan di lokasi bencana," kata Erwin.

Ada pun beberapa wilayah yang terdampak penurunan kualitas layanan di NTT adalah Belu, Kota Kupang, Kupang, Malaka, Rote Ndao, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Flores Timur, Lembata, Nagakeo, Ngada, dan Sumba Timur.

Penyebab menurunnya kualitas layanan jaringan telepon, sms dan data Telkomsel ini merupakan imbas dari terputusnya catuan daya listrik. Catuan listrik itu sangat vital karena mendukung operasional BTS Telkomsel di wilayah tersebut.

Kendati demikian jaringan Telkomsel di beberapa wilayah di NTT masih berfungsi normal di 22 Kabupaten. Kabupaten itu diantaranya adalah Pulau Alor, Ende, Sikka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, dan Sumba Tengah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas