Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Polda Aceh Tangani Dugaan Korupsi Pengadaan Sapi Saree yang Kini Kurus dan Tak Terurus 

Polda Aceh tangani dugaan korupsi pengadaan sapi saree dan proyek lainnya di UPTD Saree tahun 2017 mencapai Rp 158 miliar.

Polda Aceh Tangani Dugaan Korupsi Pengadaan Sapi Saree yang Kini Kurus dan Tak Terurus 
FOTO/HUMAS SETDA ACEH
Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes didampingi Kadis Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi memantau ternak sapi di kandang UPTD IBI, Saree, Aceh Besar, Sabtu (13/6/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Tipidkor Polda Aceh menurunkan tim ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Medan.

Pengusutan ini terkait proyek dugaan korupsi pengadaan sapi saree dan proyek lainnya di UPTD Saree tahun 2017 mencapai Rp 158 miliar.

"Kami telah turunkan tim ke LKPP Medan, insya Allah dalam waktu dekat ini sudah ada hasilnya," ujar Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Margiyanta SH, kepada Serambinews.com, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Cucu Dorong Neneknya dari Tangga, Cekik dan Duduki Perutnya Lalu Rampas Cincin di Jari Sang Nenek

Menurut dia, dengan adanya hasil yang dikeluarkan ahli LKPP Medan, untuk kasus pengadaan sapi saree, Polda Aceh akan meminta keterangan perhitungan kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh.

Ditambahnya, proyek pengadaan sapi ini seperti menjadi "ladang empuk" di Aceh, karena pengadaan sapi juga dianggarkan dari dana Otsus Aceh tahun 2017/2018 di kabupaten lainnya seperti ternak kambing dan sapi di Dinas Pertanian Aceh Tenggara.

"Tak tertutup kemungkinan, pengadaan sapi/kambing juga di Kabupaten lain seperti di Dinas Pertanian Aceh Tenggara dan daerah kabupaten lain akan dilakukan penyelidikan penyaluran dan proyek pengadaan ternak tersebut," ujar Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta.

Baca juga: 3 Kali Keluar Masuk Penjara, Kali Ini Coy Maling 12 Ekor Ayam Jago Milik Tetangganya

Seperti diketahui, Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh, melakukan penyelidikan (lidik) dugaan korupsi perternakan sapi di UPTD Insemilasi Buatan Inkubator (IBI) Saree, Aceh Besar mencapai Rp 158 miliar.

Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta, kepada Serambinews.com, Rabu (17/6/2020) mengatakan, saat ini jajarannya sedang melakukan penyelidikan pengelolaan peternakan sapi di UPTD IBI Saree mencapai Rp 158 miliar.

Proses pengadaan ternak sapi dimulai pada Desember tahun 2016 mencapai ratusan ekor dan saat itu sapi belum memiliki kandang ternak.

Kemudian, tahun 2017 dilakukan pengadaan pakan ternak di UPTD IBI Saree.

Halaman
12
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas