Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kelompok Bersenjata di Papua

Kapolda Papua Mengaku Tahu Banyak Soal Organisasi NRFPB Sebelum Mereka Kembali ke NKRI

Kapolda berharap ke depan banyak yang ingin kembali ke NKRI dengan membawa senpi dan amunisi.

Kapolda Papua Mengaku Tahu Banyak Soal Organisasi NRFPB Sebelum Mereka Kembali ke NKRI
ISTIMEWA
Pernyataan sikap oleh Alex Hamberi (Gubernur NRFPB) bersama 17 orang simpatisan sambil membentangkan Bendera Merah Putih dan ditutup oleh doa bersama sebagai bentuk kembali ke NKRI. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) yang merupakan bagian dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (4/5/2021).

Alex Hamberi selaku Gubernur NRFPB beserta 17 anggotanya hadir untuk menandatangani pernyataan sikap ikrar setia ke NKRI di Kampung Sima, Distrik Your, Kabupaten Nabire, Papua.

Sedangkan 5 anggota lainnya berhalangan hadir, namun mengikuti langkah rekannya untuk kembali ke pangkuan NKRI.

Kabar tersebut dibagikan oleh akun Instagram resmi Divis Humas Polri @divisihumaspolri, Rabu (5/5/2021).

18 Anggota KKB Papua Pimpinan Alex Hamberi Serahkan Diri Kembali ke NKRI: Sepenuh Hati Keluar NRFPB

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengungkapkan Alek Hamberi dan beberapa rekannya adalah mantan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) pimpinan Alex Hamberi menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI.
Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) pimpinan Alex Hamberi menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI. (Tangkapan Layar Instagram @divisihumaspolri)

Pada Selasa (4/5/2021) bertempat di Kampung Sima, Distrik Yaur, Kabupaten Nabire dilaksanakan kegiatan pertemuan warga Kampung Sima, dilanjutkan dengan pembacaan surat pernyataan dan penandatanganan Surat pernyataan oleh Anggota NRFPB (Negara Republik Federal Papua Barat) Kabupaten Nabire, yang bersedia kembali menjadi Warga Negara Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tatap muka tersebut, kata dia, dilaksanakan pembacaan surat pernyataan dilanjutkan penandatanganan bersama warga yang dibacakan oleh Alek Hamberi untuk bersedia meninggalkan Organisasi NRFPB dan kembali menjadi warga Indonesia yang baik.

"Alek Hamberi adalah warga NKRI yang telah terhasut NRFPB, sehingga kita harap setelah yang bersangkutan kembali ke NKRI bisa hidup tenteram," kata Irjen Pol Mathius D Fakhiri melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun-Papua di Jayapura, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Anggota Komisi I: Pelabelan KKB Sebagai Teroris Sudah Penuhi Unsur dalam UU Tindak Pidana Terorisme

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Papua
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas